Cara Menjadwalkan Shutdown Di Windows 10

Cara Menjadwalkan Shutdown Pada Windows 10 Melalui Perintah RUN

Sebagian orang bertanya apakah kita bisa menjadwalkan shutdown pada komputer kita dan apakah fitur seperti itu ada pada Windows 10. Jawabannya fitur seperti itu sudah ada, memang sedikit pengguna yang mengetahuinya. Microsoft menyediakan dua cara untuk mengaktifkan fitur tersebut yang pertama melalui Task Manager dan yang kedua melalui perintah Run.

Cara Menjadwalkan Shutdown Pada Windows 10 Melalui Perintah RUN
Cara Menjadwalkan Shutdown Pada Windows 10 Melalui Perintah RUN

Sumber Gambar

Memang cara mengaktifkan melalui Task manager terbilang cukup rumit dan banyak langkah yang harus pengguna lakukan. Tapi berbeda dengan mengaktifkan fitur tersebut lewat perintah Run. Karena melalui perintah run pengguna hanya perlu memakai sebaris perintah saja dan memasukkan jumlah waktu dalam detik.

Sebenarnya banyak alasan kenapa kita perlu mengetahui cara melakukan hal ini. Semisal mungkin pada suatu kondisi bisa saja anda hendak berpergian. Tapi ingin komputer atau laptop dapat hidup sampai jam tertentu anda bisa memanfaatkan fitur ini. Nah untuk anda yang ingin mengetahui caranya anda dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Menjadwalkan Shutdown Di Windows 10 :

  • Yang pertama tekanlah tombol berlogo Windows pada Keyboard bersamaan dengan tombol R (Windows+R).

     

  • Kemudian akan muncul sebuah kotak perintah RUN kemudian masukkan lah baris perintah “ shutdown -s –t “ tanpa tanda kutip dan pada bagian belakang berilah waktunya dalam detik

     

  • Semisal saya ingin komputer saya ter shutdown otomatis setelah enam jam maka dalam detik saya akan memasukkan waktu 21600. (Contoh format perintah shutdown -s –t 21600 )

     

  • Lalu selanjutnya anda hanya perlu menekan enter dan akan muncul sebuah notifikasi “You’re about to be signed out” Windows will shut down in 360minutes. Setelah itu anda hanya perlu menggunakan komputer anda seperti biasanya atau meninggalkannya.

Bagi anda yang mungkin sedikit susah untuk mengkalkulasikan jam dalam detik saya akan memberikan tips untuk anda. Caranya anda hanya perlu memanfaatkan pencarian Google, anda dapat memasukkan seperti kata kunci berikut. “ 6jam dalam detik “ kemudian tekanlah enter maka dalam pencarian anda dapat melihat konversi jam ke detik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.