Cara Mengubah Penyimpanan Foto ke Kartu SD di Ponsel Android Anda

Cara Mengubah Penyimpanan Foto di Android

Mengubah penyimpanan foto pada ponsel merupakan salah satu cara mengurangi beban penyimpanan internal Anda. Terutama dari foto hasil kamera ponsel Anda. Foto yang dihasilkan dari kamera ponsel tentunya memiliki ukuran yang cukup besar apalagi jika Anda memiliki ponsel dengan kamera yang bagus. Hal ini semakin Anda banyak memotret, tentunya penyimpanan internal Anda akan semakin banyak terpakai.

Cara Mengubah Penyimpanan Foto di Android
Cara Mengubah Penyimpanan Foto di Android

image source

Lantas, tahukah Anda bahwa Anda dapat menyimpan foto yang Anda ambil melalui kamera ponsel langsung ke kartu SD? Mulai dari ponsel lama ataupun ponsel keluaran terbaru sekarang ini. Anda akan dapat menghemat ruang penyimpanan pada ponsel dengan memasukkan bidikan langsung ke kartu SD. Hanya saja pengaturan ini tidak aktif secara default pada ponsel manapun.

Beberapa versi Android tentunya tidak secara resmi mengizinkan Anda melakukan ini, namun setidaknya Anda masih memiliki opsi tersebut. Prosesnya untuk sebagian besar ponsel Android adalah sama. Sehingga ini dapat Anda terapkan pada hampir semua ponsel Android yang memiliki slot kartu MicroSD. Hanya saja, secara tidak langsung langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Atau bahkan antar versi Android.

Cara Mengubah Penyimpanan Foto ke kartu SD Pada Android 11

Ponsel Anda yang menjalankan versi Android 11 mungkin mengalami kekurangan opsi untuk menyimpan foto ke kartu microSD. Karena itu, selalu merupakan pilihan yang baik untuk memeriksa pengaturan kamera Anda sebelum Anda mulai mencari solusi.

Pada beberapa ponsel yang menjalankan Android stok 11, opsi untuk menyimpan foto ke kartu SD mungkin tidak muncul. Kecuali Anda memasukkan kartu SD terlebih dahulu. Oleh karena itu, cobalah dengan memasukkan kartu SD dan kemudian memeriksa opsi dalam pengaturan kamera.

1. Buka aplikasi ‘Kamera‘ pada ponsel Anda.
2. Ketuk tiga garis untuk membuka opsi kamera. Lalu ketuk ‘Pengaturan‘.
3. Pastikan Anda memilih opsi ‘Simpan ke kartu SD‘.

Cara Mengubah Penyimpanan Foto ke kartu SD Pada Android Oreo, Pie, atau Android 10

Google memang sengaja tidak menjadikan kartu SD sebagai opsi penyimpanan default pada aplikasi kamera. Hal ini karena terkadang banyak kartu SD yang bermasalah jika sudah lama pamakaiannya. Sehingga karenanya Google memilih penyimpanan internal sebagai Default pada kamera Anda. Adapun caranya adalah:

Cukup buka aplikasi kamera, buka pengaturan dengan ikon roda gigi, centang Lokasi penyimpanan khusus dan pilih kartu SD Anda.

Cara Mengubah Penyimpanan Foto ke kartu SD pada Android Nougat

Ponsel dengan Android Nougat sudah dapat menyimpan foto langsung ke kartu MicroSD, bukan ke penyimpanan internal. Ada dua cara untuk mengaktifkan ini. Pertama, untuk keduanya adalah memasukkan kartu MicroSD dan kemudian membuka aplikasi kamera default perangkat Anda.

Kemudian, Anda mungkin akan melihat prompt yang menawarkan untuk mengubah pengaturan penyimpanan Anda sehingga foto akan masuk ke kartu MicroSD mulai sekarang. Jika Anda tidak melihat kotak pop-up, jangan khawatir. Anda juga dapat memilih kartu MicroSD sebagai metode penyimpanan foto pilihan Anda melalui menu pengaturan aplikasi kamera Anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.