Cara Menggunakan Google Messages Melalui Browser Web atau Chromebook

Cara Menggunakan Google Messages For Web

Google Messages merupakan aplikasi perpesanan paling populer milik Google. Sama seperti WhatsApp dan Telegram, aplikasi ini menawarkan solusi untuk menjawab pesan Anda secara langsusng melalui komputer, baik melalui aplikasi desktop khusus atau melalui browser web.

Cara Menggunakan Google Messages For Web
Cara Menggunakan Google Messages For Web

Pernahkah Anda melihat teman atau kolega yang menggunakan produk Apple yang dapat menjawab pesan teks pada ponsel melalui komputer? Hal ini karena integrasi iMessage dengan komputer Apple yang memungkinkan bisa bekerja antara keduanya. Namun, sebagai pengguna Android, Anda tidak perlu lagi bingung. Sekarang ini Anda juga melakukannya berkas aplikasi perpesanan miliki Google yang bernama Google Messages.

Google Messages bukan sepenuhnya aplikasi baru. Namun aplikasi Messages ini berubaha nama menjadi Google Messages, dan kini bisa terintegrasi dengan peramban pada sebuah komputer atau PC. Jadi secara tidak langsung Anda bisa mengoperasikannya melalui PC Anda layaknya WhatsApp Web atau Telegram Web. Nah, berikut ini penulis akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan Google Messages dari browser web pada PC atau komputer Mac atau bahkan Chromebook Anda.

Cara Menggunakan Google Messages Melalui Browser Web

1. Dari browser Anda, buka messages.google.com.
2. Buka Google Messages dari ponsel Anda.
3. Ketuk menu tiga titik pada sudut kanan atas aplikasi.
4. Ketuk pada Pesan untuk web.
5. Ketuk tombol pemindai kode QR baru.
6. Arahkan kamera ke kode QR pada layar komputer Anda.
7. Ketuk Ya saat muncul pop-up apakah Anda ingin mengingat komputer ini (namun, jangan lakukan ini jika Anda menggunakan perangkat bersama atau publik).

Sekarang ponsel Anda telah terhubung ke Google Messages melalui browser komputer Anda. Anda dapat mengirim dan menanggapi pesan teks tanpa mengeluarkan ponsel dari saku atau tas Anda atau dimanapun Anda tinggalkan.

Cara Menggunakan Google Messages Pada Chromebook

Sebenarnya ada tiga cara Anda dapat menggunakan Pesan Google dari Chromebook. Anda dapat melakukannya melalui browser Chrome seperti cara di atas. Atau Anda dapat melakukannya dari aplikasi web progresif Google Messages (PWA), dan yang terakhir Anda dapat melakukannya dengan menautkan ponsel Anda ke Chromebook. Karena kita telah membahas metode pertama, kita akan membahas dua metode lainnya pada bagian bawah ini.

1. Buka browser Chrome pada Chromebook Anda.
2. Temukan Google Messages dan klik atau ketuk untuk membuka.
3. Buka Google Messages dari ponsel Anda.
4. Klik atau ketuk menu tiga titik pada sudut kanan atas aplikasi.
5. Kemudian klik atau ketuk pada Pesan untuk web.
6. Selanjutnya klik atau ketuk tombol pemindai kode QR baru.
7. Arahkan kamera ke kode QR pada layar komputer Anda.
8. Klik atau ketuk Ya ketika ditanya apakah Anda ingin mengingat komputer ini (namun, jangan lakukan ini jika Anda menggunakan perangkat bersama atau publik).

Jadi sekarang Anda tahu cara menggunakan Google Messages dari Chromebook melalui Google Messages PWA (yang pada dasarnya hanya menggunakan Browser Chrome). Akan tetapi masih ada satu cara lagi untuk menggunakan Google Messages pada Chromebook. Yakni dengan menyetel ponsel Anda. sebagai perangkat Terhubung. Setelah selesai, Anda akan ingin masuk ke pengaturan Chromebook untuk memastikan Anda telah mengaktifkan pesan.

1. Dari toolbar, ketuk ikon pengaturan (berbentuk roda gigi).
2. Kemudian pada bagian bawah Perangkat yang terhubung, ketuk pada panah drop-down.
3. Alihkan Pesan ke pengaturan aktif.

Sekarang Anda dapat menanggapi Pesan Google dari ponsel Anda melalui Chromebook, meskipun Anda belum menghubungkannya.

Source: via


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.