Cara Mengetahui Versi Bit Pada Windows 10

Mengetahui Versi Bit

Ketika seseorang menginstall Windows pada komputer mereka biasanya mereka akan menentukan versi bit yang akan mereka gunakan. Entah ingin menggunakan versi 32-bit atau versi 64bit. Tapi bagaimana jika semisal kita menggunakan jasa atau service menginstall windows pada seseorang. Terkadang ketika kita tidak menanyakan jasa service tidak akan memberitahukannya. Sehingga untuk mengetahui versi bit pada Windows kita harus mengeceknya sendiri.

Mengetahui Versi Bit
Mengetahui Versi Bit

Sumber Gambar

Memang walaupun memiliki versi bit yang berbeda tidak ada perbedaan yang terjadi ketika kita menjalankan Windows. Tapi penting untuk kita ketahui bahwa ketika versi Windows kita 64bit mungkin kita dapat menjalankan aplikasi dengan 32bit. Namun apa yang terjadi ketika versi Windows kita 32bit? Justru yang terjadi akan sebaliknya kita malah tidak akan bisa menginstalnya.

Oleh karena itu memeriksa versi bit Windows kita merupakan hal yang sangat penting. Nah untuk anda yang mungkin belum mengetahui cara mengecek versi bit pada Windows 10 anda dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Mengetahui Versi Bit Pada Windows 10 :

  • Langkah pertama bukalah Explorer pada Windows 10. Anda dapat menekan tombol berloko Windows + Tombol E secara bersamaan untuk membuka explorer
  • Selanjutnya ketika Windows Explorer telah muncul carilah This PC atau My Computer pada bagian kiri
  • Jika sudah anda temukan klik kanan pada This PC
  • Selanjutnya pilihlah opsi Properties, biasanya opsi tersebut terletak pada bagian bawah
  • Akan muncul informasi mengenai komputer anda, pada bagian System akan ada informasi contoh System type: 64-bit Operating System, x64-based processor. Nah jika muncul informasi tersebut maka operasi sistem yang anda gunakan adalah 64bit.

Selain menggunakan cara ini sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah. Yakni dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian mengetikkan dxdiag.  Setelah anda menekan enter akan muncul sebuah tab informasi perihal jenis bit. Biasanya informasi tersebut akan terlihat pada bagian Operating System. Akan tampil seperti Windows 10 Pro 64Bit(10.0, Build 14393). Informasi yang tampil sangat berbeda dari yang terlihat melalui Explorer. Melalui dxdiag ini kita akan mendapat informasi yang sangat rinci Bahkan ada informasi Bios dan prosessor.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.