Mengatasi Drive Letter yang Error

Cara Mengatasi Hardisk External Yang Hilang dari Windows Explorer

Hardisk yang tidak terbaca atau hilang atau ter-hidden yang penulis maksud di sini, adalah hardisk yang sehat atau hardisk yang masih bagus. Walaupun misalnya ada bad sektor sedikit, tetapi masih terbaca sangat baik oleh windows. Tetapi, karena satu dan lain hal, partisi hardisk tersebut tidak muncul pada windows explorer.

Mengatasi Drive Letter yang Error
Mengatasi Drive Letter yang Error

Masalah ini terbilang sangat biasa, hal ini disebabkan karena kita sering cabut pasang perangkat HDD External ke lebih dari dua perangkat. Sehingga Drive Letter error karena perbedaannya pada dua perangkat tadi, yang mengakibatkan partisi hilang dari windows Explorer.

Cara Mengatasi Hardisk External Yang Hilang dari Windows Explorer

1. Pertama masuk ke Disk Management (Klik kanan Start => Disk Management). atau bisa dengan menggunakan Windwos + R, kemudian ketikkan diskmgmt.msc

2. Selanjutnya Masukan Drive Letter, Klik kanan pada Partisi HDD External => Pilih Change Drive Letter and Paths, dan Masukan Drive Letter sesuai keinginan kamu.

3. Jangan lupa klik Ok untuk menyimpan perubahan. Nah sekarang Hardisk External sudah tampil di File Explorer.

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan jika tiba-tiba partisi hilang dari windows Explorer, tak hanya pada Hardisk External, tetapi cara ini berlaku bagi semua partisi yang ada pada komputer atau laptop kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top