Cara Mengatasi Chromebook Error Dengan Cepat!

Cara Mengatasi Chromebook Error Dengan Cepat!

Laptop atau Notebook Error adalah hal yang biasa kita dapati, begitu juga dengan Chromebook error pasti akan kita temukan. Mungkit tidak banyak yang tahu tentang Chromebook, yaitu notebook dengan sistem operasi Chrome OS. Namun baru-baru ini ramai berita tentang rencana pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang berencana untuk menyediakan notebook atau lebih tepatnya “Chromebook” untuk sekolah-sekolah.

Cara Mengatasi Chromebook Error Dengan Cepat!
Cara Mengatasi Chromebook Error Dengan Cepat!

Perlu diketahui Chromebook bukanlah merek notebook, namun merupakan notebook khusus yang menggunakan sistem operasi Chrome OS. Adapun mereknya seperti notebook pada umumnya yakni Acer, Hp, Dell dan lainnya.

Sebelum Chrome OS dirilis pada tahun 2011 silam, kita hanya mengenal setidaknya 3 sistem operasi pada laptop atau notebook yaitu Sistem Operasi Windows, MacOS, dan Sistem Operasi Linux. Dari ketiga sistem operasi tersebut kita lebih familiar dengan OS yang pertama yakni Windows. Hal ini karena kita dari awal belajar komputer di sekolah dasar (SD) kita telah belajar menggunakan Sistem Operasi Windows. Selain itu harga installer Windows juga lebih murah dan lebih mudah untuk didapatkan.

Kembali pada Chromebook yang menggunakan Chrome OS ini. Tentu kedepannya kita juga akan menggunakannya, entah membeli Chromebook langsung atau menginstall notebook kita yang sudah ada dengan Chrome OS ini. Seperti banyak informasi yang penulis baca, jika chrome OS ini lebih ringan dan lebih cepat daripada sistem operasi lainnya, hanya butuh 8 detik untuk menghidupkan notebook anda hingga siap digunakan, demikian klaim Google sebagai pemilik paten Chrome OS.

Nah, mungkin anda bertanya-tanya, apakah chromebook terbebas dari masalah atau error?. Sama seperti sistem operasi lainnya, Chromebook juga mengalami masalah atau error. Lantas bagaimana cara mengatasinya?. Dalam artikel kali ini kami akan berbagi bagaimana mengatasi error jika suatu saat terjadi pada Chromebook atau pada notebook anda yang sudah diinstall Chrome OS.

Berikut Cara Mengatasi Chromebook Error Dengan Cepat!

Untuk mengatasi masalah atau error pada Chromebook cukup mudah yaitu dengan melakukan reset atau pengaturan pabrik. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Logout dari Chromebook.
  2. Tekan dan tahan Ctrl + Alt + Shift + r.
  3. Pilih Mulai ulang.
  4. Di kotak yang muncul, pilih Powerwash lalu Lanjutkan.
  5. Ikuti langkah-langkah yang muncul dan login dengan Akun Google Anda.
    Catatan: Akun yang Anda gunakan untuk login setelah mereset Chromebook akan menjadi akun pemilik.
  6. Setelah mereset Chromebook:
    • Ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan Chromebook anda
    • Periksa apakah masalahnya sudah terselesaikan

Nah demikian cara cepat untuk mengatasi jika suatu saat Chromebook atau notebook anda yang diinstall Chrome OS mengalami kendala.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top