Cara Mengatasi Aplikasi Google Crash Setelah Melakukan Pembaruan Terbaru pada Ponsel Anda

Mengatasi Aplikasi Google Crash

Google mengalami masalah pada aplikasinya setelah pengguna melakukan pembaruan. Hal ini berdasarkan laporan dari beberapa pengguna yang mengatakan jika Aplikasi Google mogok pada beberapa ponsel dari berbagai merek dan lintas wilayah.

Mengatasi Aplikasi Google Crash
Mengatasi Aplikasi Google Crash

image source

Beberapa pengguna mengeluhkan masalah dengan aplikasi melalui forum Reddit serta Twitter. Bug tampaknya telah mulai terlihat ke aplikasi Google setelah pembaruan stabil meluncur ke perangkat Android seluruh merek. Sebuah laporan juga menyebutkan jika masalah dengan aplikasi Google juga menyebabkan Google Assistant dan Google Lens tidak berfungsi bagi beberapa pengguna. Alhasil, Google belum mengakui masalah ini dan menawarkan perbaikan.

Beberapa forum Reddit sedang membahas masalah ini dan tampaknya tidak terbatas pada wilayah tertentu. Posting menunjukkan bahwa versi terbaru dari aplikasi Google yang meluncur baru-baru ini adalah akar penyebab masalah. Pengguna mengatakan memperbarui aplikasi Google ke versi 12.23.16.23.arm64 tampaknya telah menyebabkan masalah baru. Namun versi terbaru Google app yang tersedia untuk perangkat Anda mungkin berbeda tergantung pada produsennya.

Bagi sebagian pengguna pada Twitter juga memposting tentang masalah dengan aplikasi Google. Sesuai tangkapan layar pengguna, aplikasi Google terus menampilkan sembulan kesalahan yang bertuliskan ‘Google terus berhenti’. Hal ini terjadi pada pengguna ponsel Android seluruh merek, termasuk Samsung, Sony, dan Xiaomi tetapi tidak terbatas pada ini saja.

Pengguna mengatakan bahwa memulai ulang aplikasi tidak menyelesaikan masalah dan pop-up terus muncul kembali, yang membuat aplikasi tidak dapat digunakan.

Sementara ini, Google belum secara resmi mengakui masalah yang meluas, balasan untuk keluhan pengguna pada Twitter dari pegangan Made by Google (@madebygoogle) menyarankan “soft reboot” seperti Google Pixel 5 yang mengalami masalah. Sebuah laporan oleh Otoritas Android mengatakan bahwa meskipun itu membantu beberapa pengguna, me-reboot ponsel mereka tidak menyelesaikan masalah bagi banyak pengguna lainnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Crash Setelah Melakukan Pembaruan

Seperti yang disebutkan, banyak pengguna mengatakan bahwa mereka dapat memperbaiki masalah dengan aplikasi Google dengan mencopot pemasangan pembaruan dari perangkat mereka. Hal ini artinya mengembalikannya ke versi yang dari pabrik. Anda dapat pergi ke Pengaturan => Aplikasi => Google => Copot Pembaruan pada perangkat Android Anda untuk hal yang sama.

Seorang pengguna dalam forum Reddit juga mengklaim bahwa mendaftar untuk program beta aplikasi dari daftar toko Google Play dan menginstal versi 12.24.7.29 (beta) memperbaiki masalah bagi mereka.

Semoga saja masalah ini bisa segera teratasi oleh Google dan membuat pengguna lebih nyaman lagi saat menggunakan aplikasi Google.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.