Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Samsung Galaxy A9

Mengaktifkan USB Debugging Samsung Galaxy A9

USB Debugging merupakan sebuah fitur yang memungkinkan tindakan yang bermanfaat untuk menelusuri dan mencari adanya kemungkinan bug. Pada pengoperasian sistem android proses pencarian tersebut dapat melalui media kabel USB. Saat pertama kali muncul fitur ini hanya dapatdi operasikan oleh developer. Namun dengan seiringnya perkembangan zaman pengguna juga dapat menggunakannya. Untuk mengaktifkan USB Debugging pun tidak terlalu susah, namun pada setiap perangkat terkadang caranya berbeda.

Mengaktifkan USB Debugging Samsung Galaxy A9
Mengaktifkan USB Debugging Samsung Galaxy A9

Sumber Gambar

Melalui USB Debugging, pengguna dapat mengembangkan aplikasi android dengan software Development Kit yang terinstal pada komputer. Ketika anda menyambungkan Android anda ke komputer dengan mode ini maka nantinya anda dapat melakukan uji aplikasi melalui smartphone. Setelah anda menghubungkan smartphone dengan pc, secara otomatis perangkat smartphone anda akan langsung komputer anda kenali.

Fungsi USB Debugging Pada Smartphone

Ada berbagai macam manfaat yang dapat anda peroleh ketika mengaktifkan USB Debugging selain hanya sekedar menghubungkan melalui kabel USB. Ketika fitur ini aktif anda dapat melakukan instal,custom,recovery ROM pada smartphone anda. Selain itu anda juga dapat melakukan rooting perangkat android anda tanpa command line. Serta anda dapat menginstal aplikasi tertentu, menariknya lagi dengan aktifnya fitur ini. Anda dapat mendeteksi file tersembunyi pada sistem android, anda juga dapat membaca log file dari sistem android.

Kelemahan Saat Fungsi USB Debuggin Di Aktifkan

Ketika anda mengaktifkan fitur ini, sebaiknya anda mulai siaga karena segala hal dapat masuk kedalam sisten android anda. Hal ini karena pada perangkat anda tidak akan ada lagi filter sama sekali. Sehingga file maupun aplikasi yang ingin anda masukkan akan langsung terinstall tanpa terverifikasi. Hal tersebut tentunya akan memberikan sebuah kemungkinan serangan virus dan sejenisnya.

Mengapa Harus Mengaktifkan USB Debbuging Pada Samsung Galaxy A9?

Pada Samsung Galaxy A9, pengguna sudah dapat mengaktifkan fitur USB Debugging. Tapi ada sedikit perbedaan pada perangkat lainnya, jika pengguna ingin mengaktifkan fitur OTG pada perangkat ini. mereka juga harus mengaktifkan USB Debugging. Hal tersebut karena jika mode tersebut tidak aktif maka USB OTG anda tidak akan terdeteksi.

Berbicara perihal Samsung Galaxy A9. Perangkat ini sudah tersedia untuk daerah Indonesia sejak tahun 2018. Selain itu perangkat ini juga merupakan perangkat pertamadi Dunia yang menggunakan empat buah kamera pada bagian belakangnya. Sejak awal debutnya perangkat ini tergolong sebagai perangkat kelas menengah. Selain memiliki kamera yang gahar, perangkat ini memiliki layar Super AMOLED beresolusi 6,3inci. Serta memakai prosesor buatan Qualcomm yakni Snapdragon 660 Octa-core. Karena perangkat ini termasuk sebagai perangkat yang cukup solid tentunya banyak pengguna yang memilikinya. Sehingga kejadian OTG tidak terdeteksi pun menjadi permasalahan pada sebagian pengguna. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini anda dapat mengetahui cara mengaktifkan OTG tersebut melalui tutorial berikut.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Samsung Galaxy A9 :

  • Pertama masuklah ke Settings atau Pengaturan pada ponsel anda
  • Kemudian Scroll lah kebawah sampai anda menemukan pilihan About Phone
  • Selanjutnya carilah pilihan Software Information
  • Tepat pada informasi Build Number, ketuklah sebanyak 7x sampai muncul notifikasi ”Developer mode has been turned on”
  • Setelah mode aktif, kembali buka Pengaturan atau Settings serperti biasanya
  • Kemudian Scroll lagi sampai kebawah, kemudian pilih Developer Options
  • Geserlah toogle Developer options agar fitur Opsi Developer aktif
  • Terakhir carilah USB Debugging dan geser tooglenya sampai berwarna. Dengan demikian ketika anda memasukkan USB OTG perangkat akan mendeteksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.