Cara Menampilkan Penomoran Di Notepad++

Cara Menampilkan Penomoran pada Notepad

Notepad ++ adalah aplikasi editor kode yang dapat kita gunakan pada Windows 10. Aplikasi editor kode ini terbilang cukup sangat ringan dan nyaman untuk kita pakai. Selain sangat ringan aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang cukup bermanfaat dan dapat membantu kita saat sedang coding. Namun ada beberapa hal yang sering pengguna eluhkan saat pertama kali menginstalnya. Biasanya karena penomoran untuk menandai kode tidak ada. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara untuk menampilkan penomoran pada Notepad++.

Cara Menampilkan Penomoran pada Notepad
Cara Menampilkan Penomoran pada Notepad

Sumber Gambar

Hal yang sering terjadi pada pengguna yang biasanya menyembunyikan penomoran pada aplikasi ini untuk mengambil screenshot code. Tapi karena terlalu banyak fitur yang terlihat kadang pengguna lupa untuk mengembalikannya. Oleh karena itu anda tidak perlu bingung sebenarnya cara untuk mengembalikan penomoran tersebut tidaklah terlalu susah. Nah untuk anda yang ingin tau cara mengembalikannya dapat melihat caranya berikut ini.

Cara Menampilkan Penomoran Di Notepad++ :

  • Langkah pertama bukalah aplikasi Notepad++ anda, selanjutnya carilah opsi settings dan tekanlah pilihan Prefences seperti gambar berikut ini1
  • Kemudian pada bagian kiri beralihlah dari opsi general ke Editing dengan menekan opsi tersebut2
  • Selanjutnya tepatnya pada bagian kanan pada opsi “Display Line Number” centang lah opsi tersebut3
  • Kemudian tekanlah tombol close, nantinya anda dapat langsung melihat penomoran line pada aplikasi ini seperti berikut4

     

Jika anda masih berniat untuk menyembunyikan kode untuk mengambil screenshot anda juga dapat melakukan cara yang sama. Bedanya anda hanya perlu menghilangkan centang pada Display line number maka setelah itu penomoran akan tidak terlihat lagi. Sekedar informasi tambahan, Notepad++ ini memang sering pengguna gunakan untuk mengedit kode. Tapi pengguna juga dapat dengan seperti biasa mengetikkan kalimat atau paragraf layaknya pada notepad biasanya.

Bagi anda yang belum mengetahuinya, Notepad++ adalah editor kode yang tidak berbayar. Sehingga anda dapat menggunakannya secara gratis. Bagi anda yang mungkin tertarik dengan aplikasi ini anda dapat mendownload Notepad++ melalui link berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.