Cara Menampilkan Opsi Hibernate Di Windows 10

Windows 10 Menampilkan Opsi Hibernate

Bagi sebagian orang fitur Hibernate mungkin sedikit terasa asing. Karena memang sebagian pengguna masih belum pernah menggunakannya. Alih-alih menggunakannya bahkan pengguna tidak menampilkan opsi Hibernate pada start menu Windows 10 mereka. Bagi yang belum tau apa itu hibernate merupakan sebuah fitur hibernasi dalam mematikan komputer. Namun berbeda dengan shutdown karena ketika menggunakan hibernate komputer akan mempertahankan statusnya.

Windows 10 Menampilkan Opsi Hibernate
Windows 10 Menampilkan Opsi Hibernate

Sumber Gambar

Yang saya maksud memepertahankan statusnya adalah ketika anda mematikan komputer dengan memilih hibernate. Maka komputer akan mati seperti halnya shutdown namun perbedaannya ketika nanti komputer kita hidupkan kembali. Tampilan layar komputer akan tetap seperti semula, semisal ketika kita matikan dalam kondisi membuka file atau dokumen maka akan tetap terbuka seperti sebelumnya.

Jadi aplikasi yang sedang kita jalankan sebelumnya akan tetap tampil sama. Fitur ini berbeda dengan opsi sleep yang masih memerlukan sumber daya listrik. Pada opsi Hibernate komputer benar-benar mati dan tidak memerlkan sumber listrik. Jika pada Windows 10 anda tidak dapat menemukan fitur hibernate maka anda belum memunculkannya. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mengetahui caranya anda dapat menyimak ulasan berikut.

Cara Menampilkan Opsi Hibernate Di Windows 10 :

  • Yang Pertama tekan tombol Windows + R selanjutnya anda ketikkan perintah powercfg.cpl dalam box text pada Run dan tekan Enter
  • Selanjutnya jendela Power Option akan terbuka, pada bagian kiri pilihkan opsi “Choose what the power button does”
  • Lalu akan muncul beberapa opsi lagi, anda dapat memilih opsi dengan logo perisai yang bertuliskan “Change settings that are currently unavailable”
  • Nah jika telah anda lakukan, pada bagian bawah centak atau checklist pada opsi Hibernate. Kemudian tekan tombol Save Changes
  • Jika sudah selesai buka start menu dan tekan ikon power, maka akan tersedia beberapa opsi seperti Sleep, Hibernate,Shutdown dan Restat

Jika Opsi hibernate masih belum muncul cobra restat komputer anda dan  coba kembali cara yang sudah saya jelaskan, kemudian pastikan bahwa anda benar-benar sudah mencentang atau checklist pada opsi Hibernate.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.