Cara Memutar Video YouTube dalam Mode Picture-in-Picture di iOS

Mode Picture in Picture pada YouTube iOS

Mode Picture-in-Picture merupakan sebuah fitur yang memudahkan pengguna dalam menonton video sambil melakukan aktivitas lain. Misalnya bekerja atau mencatat materi pelajaran dari video atau bahkan Anda bisa membalas pesan WhatsApp sembari menonton video YouTube.

Mode Picture in Picture pada YouTube iOS
Mode Picture in Picture pada YouTube iOS

image source

Pengguna iPhone atau iPad dapat menikmati video YouTube dalam mode Picture-in-Picture, seperti halnya perangkat Android. Anda tidak perlu menginstal aplikasi YouTube pada iPhone atau iPad untuk mendapatkan mode tersebut. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakannya secara langsung menggunakan browser Web, termasuk Safari yang ada pada ponsel Anda.

Mode picture-in-picture (PiP) pada dasarnya cukup berguna jika Anda ingin melakukan multitasking pada iPhone atau iPad Anda. Anda dapat dengan mudah mengakses menu pengaturan Anda atau memeriksa pesan pada aplikasi lainnya. Atau paling mudahnya Anda bisa keluar ke layar beranda ponsel namun tetap bisa menonton video YouTube Anda.

Apple telah mengaktifkan dukungan Picture-in-Picture ini secara asli sejak rilis iOS 14/iPadOS 14 tahun lalu. Dengan mode ini dapat Anda gunakan untuk menonton video YouTube dalam layar kecil yang akan tampil pada layar perangkat Apple Anda. Berikut ini penulis berikan cara mudah jika Anda ingin menggunakan mode PiP ini pada perangkat Apple Anda.

Cara Memutar Video YouTube Dalam Mode Picture-in-Picture Pada iOS

Sebelum memulai dengan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjalankan video YouTube dalam mode ini pada iOS, penting untuk Anda catat bahwa Anda harus menjadi anggota YouTube Premium dan masuk dengan akun yang memiliki langganan berbayar tersebut. Fitur ini juga tidak berfungsi dengan aplikasi YouTube versi gratis saat ini. Ini berarti Anda harus mengandalkan browser Web seperti Safari atau Chrome untuk menjalankan video YouTube favorit Anda dalam mode PiP tersebut. Berikut ini caranya yang bisa Anda lakukan.

1. Buka browser Web Anda (jika Anda pengguna free) atau masuk ke aplikasi YouTube dengan akun Anda yang merupakan bagian dari langganan YouTube Premium.
2. Cari video yang ingin Anda tonton.
3. Beralih ke mode layar penuh dengan mengetuk ikon kotak dari kanan bawah video.
4. Ketuk video untuk melihat kontrol lalu tekan tombol Picture-in-Picture dari sisi kiri atas, tepat pada sebelah tombol tutup. Atau, Anda dapat mengetuk layar dua kali dengan dua jari atau cukup geser ke atas dari bagian bawah perangkat Anda untuk mengaktifkan mode Picture-in-Picture.
5. Setelah mengaktifkan, mode tersebut akan memungkinkan Anda berpindah dan bekerja dengan aplikasi lain yang Anda inginkan. Namun sambil terus memutar video YouTube yang sedang berjalan pada jendela kecil.

Anda dapat dengan mudah keluar dari mode Picture-in-Picture ini dengan mengetuk ikonnya dari sisi kanan atas jendela kecil. Itu juga dapat berpindah kembali ke tampilan asli dengan mengetuk dua kali pada video menggunakan dua jari. Setelah selesai, Anda dapat menutup video YouTube Anda dengan mengetuk tombol ‘x’.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.