Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Hilang atau Terhapus

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus atau Hilang

Memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus secara tidak sengaja atau hilang begitu saja adalah hal penting. Mengapa? Bisa saja dari pesan tersebut terdapat pesan penting yang belum sempat Anda baca atau bahkan Anda ingin melihat kembali pesan terdahulu yang yang pernah orang lain kirimkan.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Hilang atau Terhapus
Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Hilang atau Terhapus

image source

Dalam situasi seperti ini, Anda setidaknya perlu memulihkan pesan tersebut jika Anda anggap sebagai pesan penting. Lantas, apakah bisa Anda memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus atau hilang tersebut? Itu pasti mungkin, tergantung situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada Anda.

Pada ulasan berikut ini, Anda akan mempelajari cara memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus pada iPhone atau perangkat Android Anda. Penulis kemudian akan mengajari Anda cara mengatur rencana pencadangan WhatsApp lanjutan untuk memastikan Anda tidak pernah kehilangan pesan WhatsApp Anda lagi.

Memahami Cara Kerja Cadangan Chat WhatsApp

Untuk mengambil pesan WhatsApp yang terhapus, Anda harus mengaktifkan Cadangan Obrolan pada pengaturan aplikasi. Untuk mencapai ini, ketuk tab Pengaturan pada bilah bawah aplikasi iPhone, atau di Android, lalu buka menu tiga titik pada bagian kanan atas dan pilih Pengaturan.

Dari sana, Anda dapat membuka Obrolan => Cadangan obrolan. Di sini (di bawah Pencadangan Otomatis pada iOS dan Cadangkan ke Google Drive pada Android). Dalam situasi ini, WhatsApp menawarkan beberapa frekuensi pencadangan:

  • Sehari-hari
  • Mingguan
  • Bulanan
  • Tidak pernah

Pada Android, WhatsApp membuat cadangan lokal setiap malam. Akan tetapi ini tidak akan membantu Anda jika Anda kehilangan ponsel Anda. Inilah sebabnya mengapa cadangan cloud sangat penting untuk Anda lakukan.

Cara kerjanya adalah WhatsApp menghapus file cadangan lama saat Anda membuat yang cadangan baru. Aplikasi iPhone hanya menyimpan file cadangan terbaru, sedangkan versi Android menyimpan file cadangan “hingga tujuh hari terakhir”. Ingatlah hal itu saat Anda memilih frekuensi pencadangan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Dengan melakukan pencadangan otomatis setiap hari, Anda akan dapat dengan mudah memulihkan pesan WhatsApp segera setelah menghapusnya. Pada sisi lain, pencadangan otomatis mingguan akan memungkinkan Anda melangkah lebih jauh ke masa lalu untuk memulihkan pesan WhatsApp yang hilang atau terhapus, dengan mengorbankan kehilangan pesan obrolan terbaru.

Cara Memulihkan Obrolan yang Diarsipkan pada WhatsApp

Sebelum kita melihat memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, ada kemungkinan Anda baru saja mengarsipkan obrolan, bukan menghapusnya. Tapi apa bedanya?

Pengarsipan akan menghapus obrolan dari daftar Anda, memungkinkan Anda menyembunyikan percakapan yang sudah selesai untuk saat ini. Anda dapat membatalkan pengarsipan obrolan kapan saja untuk mengaksesnya lagi, dan pengarsipan tidak menghapus apa pun dalam obrolan Anda. Sebaliknya, menghapus obrolan akan menghapus kontennya, sehingga tidak lagi dapat diakses oleh Anda.

Pada iPhone, saat Anda mengarsipkan obrolan, Anda dapat segera membalikkan pengarsipan dengan memilih Urungkan untuk memulihkan obrolan yang diarsipkan.

Untuk membatalkan pengarsipan obrolan WhatsApp pada iPhone:

  1. Gulir ke atas dalam daftar obrolan hingga Obrolan yang Diarsipkan muncul.
  2. Ketuk pada bagian atasnya, lalu geser dari kanan ke kiri pada obrolan yang ingin Anda pulihkan.
  3. Tekan tombol Unarchive yang muncul.

Untuk membatalkan pengarsipan obrolan pada Android:

  1. Gulir ke bagian bawah daftar obrolan dan ketuk Obrolan yang diarsipkan.
  2. Tekan dan tahan pada obrolan yang ingin Anda pulihkan.
  3. Ketuk ikon batalkan pengarsipan di kanan atas, yang terlihat seperti kotak dengan panah menghadap ke atas.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus

Ingin tahu bagaimana cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus setelah mencadangkannya? Anda dapat memulihkan cadangan WhatsApp Anda hanya dengan mencopot dan menginstal ulang WhatsApp pada perangkat Anda.

Saat Anda menginstal ulang aplikasi, Anda akan diminta untuk memulihkan riwayat pesan Anda dari file cadangan. Ketuk Pulihkan dan Anda akan mengambil semuanya dari cadangan terbaru. Pastikan untuk melakukannya saat diminta, karena Anda tidak dapat memulihkan file cadangan nanti.

Metode memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus ini berfungsi untuk pengguna Android dan iPhone, selama Anda memiliki cadangan. Perlu Anda ingat bahwa Anda hanya dapat memulihkan pesan yang dicadangkan dalam frekuensi pencadangan otomatis yang Anda pilih.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top