Cara Memperbaiki Format Video Yang Tidak Didukung di Perangkat Android

Cara Memperbaiki Format Video Yang Tidak Didukung di Perangkat Android

Pernahkah anda mengalami masalah ketika ingin memutar video? Memiliki Format Video yang tidak didukung perangkat Android akan dialami banyak pengguna Android. Penulispun pernah mengalami hal yang sama. Capek-capek download menghabiskan kuota data. Tapi ternyata video yang didownload tidak bisa diputar.

Cara Memperbaiki Format Video Yang Tidak Didukung di Perangkat Android
Cara Memperbaiki Format Video Yang Tidak Didukung di Perangkat Android

Jika anda saat ini mengalami hal yang sama, jangan dulu buru-buru menghapus file tersebut. Karena kami memikili solusi yang akan bagikan untuk anda. Memang sih, sedikit kecewa akan kita dapati jika video yang kita download tidak bisa diputar.

Mengapa Beberapa Video tidak Bisa diputar di Perangkat android?

Alasan mengapa video yang kita download tidak bisa diputar? Hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan codec pada video yang anda download. Oleh karena ini ketika anda mencoba untuk memutar video tersebut muncul pesan error ¬†“tidak dapat membuka file” atau “format video tidak didukung”.

Hal tersebut dikarenakan codec yang tidak didukung player default perangkat Android anda. Nah mungkin anda bertanya apa sih codec?. Codec merupakan singkatan dari Coder-Decoder. Codec ini berfungsi  untuk encoding dan decoding data, khususnya data terkompresi (video atau audio) sehingga dapat ditampilkan ataupun dijalankan.

Nah jika anda mengalami masalah seperti yang kami jelaskan diatas, terus baca artikel ini hingga selesai karena kami akan dengan rinci menjelaskan solusi yang mudah untuk anda.

Bagaimana Cara Pemperbaiki Kesalahan Format Video Yang Tidak Didukung di Perangkat Android

Solusi paling gampang untuk mengatasi masalah format video tidak didukung atau video tidak bisa diputar ini adalah dengan menginstall aplikasi pihak ketiga atau melakukan konversi format yang didukung. Beberapa aplikasi yang bisa menjadi solusi agar semua video bisa diputar diataranya adalah:

#1 Aplikasi MX Player

Aplikasi MX Player merupakan aplikasi untuk memutar video. Aplikasi ini mendukung beberapa format video seperti .avi, mpeg, mp4, wmv, DivX, Xvid, dll. Selain itu aplikasi ini juga mendukung berbagai format subtitle diantaranya adalah .txt, .sub, .srt, .idx, dll. MX Player ringan untuk dijalankan dan juga mudah dalam menggunakannya. Selain itu anda dapat mengontrol pemutaran dengan beberapa gerakan seperti menggesek layar kebawah untuk mengurangi kecerahan.

Download disini

#2 VLC Player

Aplikasi VLC Player bukanlah aplikasi baru. Jika anda punya komputer atau laptop, pasti anda menginstall aplikasi VLC Player ini. Karena aplikasi ini mendukung banyak tipe video, sehingga hampir semua jenis video bisa diputar menggunakan aplikasi ini. Dan kini anda dapat melakukannya di perangkat Android anda. Berbagai format video yang mungkin jarang kita tahu dapat dijalankan seperti MKV, MP4, AVI, MOV, Ogg, FLAC, TS, M2TS, Wav, dan AAC.

Download disini

#3 Konversi Video

Solusi lain agar anda tetap dapat memutar video yang awalnya tidak bisa diputar di pemutar bawaan (default) perangkat android adalah dengan melakukan konversi (convert) ke format video yang umum seperti .mp4, 3gp, dll. Anda dapat mengkonversi video format apapaun secara online. Klik disini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top