Cara Membuat Panggilan Video Telekonferensi di Telegram

Cara Membuat Panggilan Video Pada Telegram

Telegram baru-baru ini meresmikan fitur terbarunya, yakni panggilan Video grup atau video telekonferensi. Hal ini agar mampu bersaing dengan aplikasi lain yang juga banyak menawarkan fitur yang yang sama, salah satunya adalah WhatsApp.

"Cara

image source

WhatsApp lebih dulu menambahkan fitur panggilan grup ke aplikasinya, namun hanya memiliki batasan maksimal 8 orang. Apalagi terkait dengan adanya aturan privasi baru yang mengizinkan Facebook untuk mengakses data pengguna. Jika tidak menyetujuinya. Namun sepertinya ini hanya rumor saja dan masih belum berlu untuk pengguna WhatsApp. Penulis juga tidak bisa memastikan apakah ini benar rumah atau memang belum sampai pada waktu yang WhatsApp tentukan.

Kendati desas-desus tersebut mulai dikritisi pengguna, akhirnya banyak pengguna yang mulai berpindah haluan ke aplikasi lain untuk aplikasi perpesanannya. Termasuk salah satu pilihannya adalah Telegram yang mampu memberikan fitur lebih kepada penggunanya, termasuk fitur multi perangkat. Jadi Anda bisa menggunakan Telegram pada PC tanpa harus membuka aplikasi Telegram pada ponsel terlebih dahulu.

Melalui postingan resmi Telegram pada 25 Juni kemarin, bahwa “Panggilan suara pada grup, sekarang ini dapat Anda alihkan dengan mudah secara langsung menjadi panggilan Video. Berikut ini cara mudah membuat Video telekonferensi pada Telegram.

Cara Membuat Panggilan Video Telekonferensi di Telegram

1. Untuk memulai panggilan video telekonferensi, pengguna cukup membuka profil salah satu grup.
2. Kemudian klik ikon tiga titik pada pojok kanan, pilih opsi “Voice Chat” (ikon gagang telepon).
3. Selanjutnya jika panggilan sudah berlangsung, pengguna nantinya akan menemukan opsi “Switch Your Video On” (ikon kamera) yang berada pada bagian bawah kiri untuk mengaktifkan kameranya.
4. Hanya itu saja yang perlu Anda lakukan, maka sekarang Anda sudah dapat menikmati panggilan video pada Telegram.

Seperti yang pernah Telegram katakan sebelumnya, panggilan video telekonferensi ini mampu menampung participant hingga 30 orang. Nantinya partisipan sekaligus akan berada dalam satu layar (grid). Kemudian bagi pengguna yang ingin membagikan tampilan desktop atau ponsel pribadi mereka, Telegram turut menghadirkan fitur bernama Screen Sharing.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk membagikan layar Anda kepada partisipan lain, layaknya sebuah presentasi. Fitur ini akan bermanfaat bagi Anda yang menyelanggarakan kegiatan khusus rekan kerja sambil menampilkan beberapa data-data yang diminta kepada semua partisipan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.