Cara Membuat Anotasi Pada Screenshot dengan Snip & Sketch Pada Windows 10

Cara Menggunakan Snip & Sketch Windows 10

Pada Windows 10, Anda akan menemukan beberapa aplikasi untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Namun demikian masih sedikit aplikasi yang dapat memberi anotasi. Anda bisa menggunakan aplikasi Snip & Sketch untuk mengambil tangkapan layar sekaligus melakukan anotasi. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Windows 10 sendiri. Sehingga dapat memungkinkan Anda untuk membuat anotasi pada hasil tangkapan layar setelah mengambilnya.

Cara Menggunakan Snip & Sketch Windows 10
Cara Menggunakan Snip & Sketch Windows 10

image source

Snip & Sketch adalah versi Snipping Tool yang memiliki beberapa peningkatan dari aplikasi Snipping Tool aslinya. Nah, bagi Anda sebagai salah satu pengguna dan pecinta Windows 10, penulis berikan secara detail tentang cara memberi anotasi pada tangkapan layar menggunakan aplikasi Snip & Sketch Windows 10.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Snip & Sketch

1. Untuk memulainya, Anda perlu membuka aplikasi Snip & Sketch pada Windows 10. Untuk membukanya, Anda bisa menekan tombol Start Windows dan ketik “Snip and Sketch” pada Pencarian Windows. Kemudian pilih “Buka“, atau tekan tombol Enter untuk meluncurkan Snip & Sketch.
2. Setelah jendela Snip & Sketch terbuka, pilih tombol “New” pada bagian pojok kanan atas untuk mengambil screenshot baru (atau snip, sebagaimana sebutan Microsoft).
3. Klik tombol panah ke bawah jika Anda akan memilih pengatur waktu atau opsi screenshot tertunda. Beberapa opsinya adalah Snip sekarang, Snip dalam 3 Detik atau Snip dalam 10 detik.
4. Saatnya Anda untuk mengambil tangkapan layar sesuai dengan keinginan Anda dengan cara melakukan drag pada area yang akan Anda ambil.
5. Selanjutnya hasil tangkapan layar Anda akan otomatis masuk pada aplikasi Snip & Sketch.
6. Sekarang saatnya Anda memberikan Anotasi pada hasil tangkapan layar tersebut.

Cara Membuat Anotasi pada Screenshot di Snip & Sketch

Setelah screenshot atau gambar Anda terbuka pada jendela Snip & Sketch, Anda dapat membuat anotasi dan menulis apa pun pada bagian gambar tersebut. Secara default, Snip & Sketch menggabungkan tiga alat anotasi yang berbeda, Anda bisa melihatnya pada bagian atasnya.

1. Klik ikon pulpen pada bagian atas untuk menggunakan pen sebagai alat menulis atau mencoret-coret tangkapan layar. Anda juga bisa klik lagi ikon pulpen untuk membuka menu dan mengubah warna goresan anotasi. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan besar dab kecilnya penggeser untuk menambah atau mengurangi ketebalan coretan.

2. Jika Anda ingin goresan kasar (layaknya menggunakan sebuah pensil), pilih ikon pensil. Klik lagi untuk mengubah warna coretan dan atur slider untuk menyesuaikan ketebalan coretan.

3. Pada tangkapan layar, Anda dapat menandai teks atau area tertentu dengan alat penyorot. Untuk itu, klik ikon penyorot pada bagian atas untuk memilihnya. Pilih ikon lagi untuk memilih beberapa warna yang tersedia dan gunakan bilah geser untuk menyesuaikan ketebalan penanda sorotan.

4. Jika Anda ingin menggambar garis lurus sempurna pada tangkapan layar, Anda dapat menggunakan alat penggaris. Pilih ikon penggaris pada bagian atas. Maka penggaris virtual akan muncul pada tangkapan layar Anda. Anda dapat memutar penggaris menggunakan roda gulir mouse atau dengan dua jari pada trackpad.

5. Demikian pula, ada busur derajat untuk menggambar lingkaran atau setengah lingkaran pada tangkapan layar. Anda dapat mengurangi atau menambah ukuran busur derajat menggunakan roda gulir mouse Anda.

6. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat penghapus untuk menghapus penjelasan apa pun dengan mengklik ikon Penghapus pada bagian atas. Setelah memilih alat penghapus, klik kanan dan pilih goresan yang ingin Anda hapus dari tangkapan layar. Cara lainnya, Anda dapat terus menekan klik kanan untuk menghapus lebih dari satu (atau semua anotasi) sekaligus.

7. Setelah membuat anotasi tangkapan layar, silahkan pilih “Simpan” untuk menyimpan hasil anotasi Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Ada.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.