Cara Membersihkan Cache DNS Di Windows 10

Membersihkan Cache DNS

Jika pada suatu kondisi anda tidak dapat terhubung ke situs tertentu padahal koneksi tidak bermasalah. Bisa jadi permasalahan muncul pada server DNS, mungkin permasalahan terjadi pada saat menyambungkan. Biasanya pengguna akan mengubah server DNS untuk menyelesaikannya, tapi lebih baik saya sarankan jangan terburu-buru. Cobalah membersihkan cache DNS terlebih dahulu.

Membersihkan Cache DNS
Membersihkan Cache DNS

Sumber Gambar

Untuk membersihkan Cache tersebut anda dapat memakai sebuah metode bernama Flush DNS. Bagi anda yang belum mengetahui perihal Flush DNS adalah perintah yang berguna untuk mereset cache DNS client. Nantinya perangkat akan menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain,nameserver, DNS dengan data baru.

Sekedar informasi tambahan, untuk meresolve nama domain biasanya memerlukan waktu sekitar 24-72Jam. Tapi ketika pada perangkat anda masih terlihat data sebelumnya maka perlu kieta melakukan flush DNS. Nah bagi anda yang ingin mengetahui cara melakukannya pada Windows 10 anda dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Membersihkan Cache DNS Di Windows 10 :

  • Yang pertama klik kanan pada logo Windows pada bagian kiri bawah
  • Selanjutnya jika muncul beberapa opsi, pilihlah Windows PowerShell (Admin). Jika tidak ada pilih Command Prompt (Admin)
  • Biasanya akan muncul notifikasi izin untuk menggunakannya, pilihlah Yes untuk melanjutkannya
  • Jika sudah ketikkanlah “ ipconfig /flushdns “ ingat anda tidak perlu menyantumkan tanda petik
  • Selanjutnya tekanlah enter pada keyboard anda
  • Kemudian tunggu sebentar sampai muncul tulisan “Successfully flushed the DNS Resolver Cache”
  • Nah jika sudah muncul notifikasi text tersebut maka flush DNS sudah selesai. Kemudian tutuplah tab Command Prompt atau PowerShell anda.

Setelah cache DNS berhasil kita kosongkan anda harus mencoba lagi menyambung ke situs yang tidak bisa terakses tersebut. Ketika masalah masih terjadi bisa jadi hal tersebut bukan karena cache pada DNS. Anda harus menghubungi pihak ISP anda untuk mengubah server DNS ke layanan Google 8.8.8.8. Jika permasalahan masih terjadi cobalah lakukan restat modem atau router anda. Kemudian terakhir cobalah restat perangkat komputer yang anda gunakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.