Cara Memakai Fitur NFC Di iPhone

Memakai fitur NFC Di iPhone

NFC adalah singkatan Near-Field Communication fitur ini sendiri merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek.  Pada perangkat iPhone sendiri, ketika anda telah memakai minimal iOS 12 biasanya pengguna dapat mengecek saldo e-money dll. Hal tersebut karena perangkat ini sudah memakai fitur NFC. Pada perangkat iPhone sendiri menggunakan NFC dengan format NDEF yang merupakan singkatan NFC Data Exchange Format.

Memakai fitur NFC Di iPhone
Memakai fitur NFC Di iPhone

Sumber Gambar

Untuk keterdukungan NFC pada perangkat iPhone, biasanya seri perangkat iPhone 6 keatas telah dapat menggunakan fitur ini. Namun ketika perangkat anda telah masuk dalam kategori tapi masih tidak bisa memakai NFC. Maka anda harus mencoba meningkatkan iOS anda terlebih dahulu minimal iOS 12 seperti yang sudah saya sebutkan.

Keunggulan Fitur NFC :

Dengan fitur NFC sendiri anda dapat menikmati beberapa keunggulan. Seperti misalnya ketika anda pergi ke hotel, biasanya akan ada alat bernama WiFi porter yang mereka sediakan untuk pengunjung. Dengan alat tersebut anda hanya perlu menempelkan smartphone anda kemudian anda akan terkoneksi dengan Wi-Fi tanpa mengetikkan password.

Selain itu dengan adanya fitur NFC anda dapat memindahkan foto atau file ke Laptop tanpa menggunakan kabel ataupun menyalakan bluetooth. Yang lebih praktisnya lagi saat ini, anda dapat melakukan pembayaran dengan smartphone yang sudah terdaftar e-money. Hal ini terbilang cukup simple karena anda hanya perlu menempelkan ponsel anda untuk membayar tagihan. Dengan teknologi ini kini smartphone anda serasa dapat menjadi dompet.

Cara Kerja NFC Pada Smartphone

Untuk cara kerjanya NFC terbilang cukup mirip dengan Wi-Fi ataupun Bluetooth. Hal tersebut karena NFC bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Untuk teknologinya NFC biasanya memakai Radio-frequency identification atau biasanya kita sebut RFID. Frequency yang berkerja untuk mentransmisikan data biasanya sebesar 13,56 megahertz. Jadi dapat kita simpulkan kecepatan transfer jika memakai fitur NFC sekitar 106 bahkan bisa lebih menjadi 424kilobit perdetik. Ketimbang menggunakan Bluetooth dengan fitur NFC ini kita dapat melakukan transfer lebih cepat. Selain itu fitur ini juga terbilang cukup hemat daya.

Cara Memakai Fitur NFC Di iPhone Untuk Cek Saldo E-money :

  • Untuk mengecek e-money anda dapat menggunakan aplikasi Tokopedia, tapi pastikan aplikasi anda telah menggunakan versi terbaru
  • Selanjutnya pada tampilan utama pilihlah menu Top-Up & Tagihan
  • Kemudian setelah itu tekanlah opsi Uang Elektronik
  • Setelah itu tekanlah tombol Update Saldo untuk cek saldo kartu elektronik anda
  • Jika ada perintah yang muncul perihal untuk segera menempelkan kartu elektronik. Maka segera lah tempelkan kartu elektronik anda pada bagian belakang, persis pada area sekitar kamera perangkat.
  • Setelah beberapa detik biasanya akan tampil sebuah informasi terkait saldo uang elektronik anda. Nantinya akan muncul minibox yang berisi tentang nomor kartu dan jumlah saldo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.