Cara Melihat Atau Mengetahui Versi MacOS

Cara Mengetahui Versi MacOS

MacOs merupakan kepanjangan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi ini merupakan buatan Apple Inc. Berbeda dengan operasi sistem lainnya, desain pada operasi sistem ini terlihat lebih elegan dan mudah untuk pengguna gunakan. Perlu anda ketahui bahwa MacOS sendiri adalah operasi sistem pertama yang memakai Graphical User Interface atau yang kita kenal GUI. Operasi sistem ini pertama kali meluncur pada tahun 1984. Sejak tahun 2006 OS ini sudah mendukung teknologi seperti PowerPC atau arsitektur x86. Versi MacOS terbaru yang saat ini kita kenal adalah Mac OS X. Operasi sistem tersebut sering kita jumpai pada komputer Macintosh buatan Apple.

Cara Mengetahui Versi MacOS
Cara Mengetahui Versi MacOS

Sumber Gambar

Perihal tentang Mac OS X, penaman X sendiri merupakan sebuah nomor Romawi yang berarti angka sepuluh. Versi ini sendiri merupakan penerus dari MacOS 8 dan MacOS 9. Selain untuk komputer standar, mereka juga menyediakan mac OS X Server yang telah meluncur sejak tahun 2001. Versi server ini mirip dengan versi standarnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada server work groupnya yang terhitung dalam sekala besar.Menariknya lagi dalam OS tersebut ada juga fitur tambahan yang tersedia. Seperti adanya fungsi SMTP,SMB,LDAP dan DNS.

Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan MacOS

Kelebihannya, Mac OS telah menggunakan UNIX yang lebih stabil sehingga mendukung banyak hal. Selain itu OS ini juga telah mendukung Multitasking. Walaupun berbeda dengan Windows tapi operasi sistem ini dapat mengenal file format windows. Dari segi tampilan pun terlihat operasi sistem ini unggul karena desain graphicnya. Selain itu Dokumen yang anda buat dengan Mac dapat terbaca pada operasi sistem lain dan sebaliknya. Untuk keamanannya sendiri MacOS terbilang cukup kuat terutama terhadap malware seperti spyware dan lain-lain. Terakhir Mac OS juga memiliki support hardware yang jelas.

Serta keterdukungannya untuk graphic designer, sehingga untuk bermain game dengan Mac bisa kita nilai tidak nyaman. Selain itu MacOS juga tidak dapat anda gunakan bersama-sama operasi sistem lain yang tidak memakai sistem MacOS. Terakhir software dalam MacOS tidak terlalu lengkap.

Karena saat ini banyak sekali versi MacOS, terkadang pengguna bingung untuk mengetahuinya. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami juga akan merangkum cara mengetahui versi MacOS yang pengguna gunakan. Untuk anda yang ingin mengetahui caranya anda dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Melihat Atau Mengetahui Versi MacOS

  • Untuk mengecek versi anda dapat beralih kehalaman desktop kemudian pada bagian kiri atas tekanlah logo Apple.

     

  • Kemudian akan muncul banyak pilihan, pada pilihan paling atas yakni “Mengenai Mac Ini” tekanlah

     

  • Setelah anda menekannya, akan muncul sebuah windows kecil yang akan berisikan informasi mengenai Mac OS anda. Tidak hanya itu saja ada juga informasi terkait hardware perangkat yang anda gunakan seperti RAM, Prosessor GPU dan lain-lain.

Kegunaan Mengetahui Versi MacOS Yang Digunakan

Bagi sebagian orang mungkin hal ini sangatlah sepele. Tapi taukah anda untuk menginstall suatu aplikasi. Terutama yang anda unduh dari luar App Store anda harus mengetahui versi MacOS anda. Karena biasanya pada developer akan menyertakan minimal versi MacOS yang dapat menjalankan aplikasi tersebut. Sehingga semisal ketika versi MacOS anda tidak sesuai rekomendasi yang ada, maka aplikasi tersebut tidak anda jalankan pada komputer anda. Sekedar saran tambahan saja ketika hendak mengunduh aplikasi dari luar App Store. Saat sedang mencari ada baiknya menyebutkan versi MacOS yang anda gunakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.