Cara Cepat Transfer Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Cepat Transfer Percakapan WhatsApp

Untuk melakukan transfer percakapan WhatsApp ke perangkat lain sebenarnya memiliki banyak cara. Mulai dari menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga ataupun semacamnya. Namun panduan ini, penulis akan memberikan cara cepat dan mudah jika Anda ingin melakukan transfer percakapan terutama jika hanya pada percakapan tertentu, bukan keseluruhan. Jadi hal ini mungkin hanya pada percakapan yang Anda penting dan tidak ingin hilang.

Cara Cepat Transfer Percakapan WhatsApp
Cara Cepat Transfer Percakapan WhatsApp

image source

Akhir-akhir ini beberapa pengguna WhatsApp sering menghadapi banyak masalah saat ketika akan berpindah perangkat. terutama saat berpindah antar sistem operasi. Sebenarnya untuk mengatasi keluhan ini, WhatsApp juga tengah mengerjakan solusi untuk memudahkan proses tersebut. Akan tetapi, sampai saat ini, belum ada solusi yang harus dilakukan pengguna.

Sekarang ini, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi akun mereka termasuk foto profil, nama, tentang, obrolan individu, obrolan grup, dan pengaturan ketika beralih ke sistem operasi yang berbeda. Misalnya seperti dari iPhone ke Android. Namun, hal itu tidak memungkinkan untuk memindahkan riwayat obrolan. Namun, riwayat obrolan sangat penting bagi sebagian besar pengguna, terutama mereka yang menggunakannya untuk percakapan bisnis.

Anda juga dapat mengandalkan Google Drive untuk mencadangkan semua percakapan penting Anda, namun itu dapat membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, untuk lebih mudahnya Anda dapat mencadangkan terlebih dahulu, baru kemudian mentransfernya pada perangkat lain Anda.

Jika Anda beralih dari iPhone ke Android, pengguna WhatsApp dapat menggunakan metode ini untuk mencadangkan obrolan tertentu mereka dan kemudian mentransfernya.

Cara Cepat Transfer Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Saat beralih dari iPhone ke Android, tidak ada opsi asli untuk mentransfer riwayat obrolan dalam aplikasi. Ini terutama karena WhatsApp untuk iOS menyimpan cadangan pada iCloud untuk pengguna iPhone, sedangkan WhatsApp untuk Android memiliki cadangan pada Google Drive.

Untuk dapat mengatasinya dengan mudah, pengguna dapat mengekspor seluruh riwayat obrolan kemudian mengirimkannya melalui email ataupun media lainnya dan kemudian memulihkannya pada perangkat Android. Setiap obrolan perlu Anda ekspor satu per satu, dan oleh karena itu, ini adalah proses yang rumit, namun dapay menjamin pemulihan obrolan lebih sempurnya.

Sebagai saran dari penulis, Anda sebaiknya memilih obrolan mana yang sangat penting dan hanya mengekspor obrolan tersebut dan meninggalkan yang tidak penting. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android.

Pada Perangkat iPhone:

1. Buka aplikasi WhatsApp pada iPhone Anda dan geser ke kiri pada obrolan yang ingin Anda ekspor.
2. Ketuk Lainnya menu yang muncul. Pilih opsi Ekspor Obrolan. Dari menu Bagikan, pilih opsi pilihan Anda, baik email, ataupun lainnya. Jika Anda menggunakan Email, maka akan muncul dengan file obrolan yang sudah dilampirkan.
3. Selanjutnya masukkan alamat email yang akan Anda akses saat menggunakan ponsel Android Anda. Ketuk Kirim.

Pada Ponsel Android:

1. Buka email. Unduh file obrolan yang dilampirkan dalam email tadi. Proses ini perlu Anda lakukan untuk setiap obrolan yang perlu Anda transfer dari iPhone ke Android. Kemungkinan besar Anda akan mendapatkan beberapa email, tergantung pada jumlah obrolan yang Anda ekspor.
2. Jika Anda telah menginstal WhatsApp pada ponsel Android Anda, hapus dan instal ulang sekali lagi. Selesaikan proses penyiapan dan ketika opsi untuk memulihkan muncul, pilih opsi Pulihkan untuk menyelesaikan penyiapan. Klik Berikutnya.
3. Semua obrolan Anda yang Anda ekspor akan muncul pada ponsel Android Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.