Cara Cepat dan Mudah Menonaktifkan Akun WhatsApp Anda

Cara Mudah Menonaktifkan Akun WhatsApp

Menonaktifkan akun WhatsApp berarti secara tidak langsung Anda akan menghapusnya untuk sementara. Atau mungkin menonaktifkan secara permanen alias menghapusnya. WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan saat ini.

Cara Mudah Menonaktifkan Akun WhatsApp
Cara Mudah Menonaktifkan Akun WhatsApp

image source

Aplikasi ini merupakan salah satu sarana komunikasi utama bagi jutaan (atau miliaran) orang setiap hari. Sebenarnya menonaktifkan WhatsApp bukanlah keputusan yang mudah, akan tetapi prosesnya cukup sederhana, jadi bisa Anda lakukan kapan pun Anda mau. WhatsApp melakukan perubahan pada persyaratan layanan WhatsApp sejak Mei 2021 kemarin. Anda akan melihat sebuah tulisan yang berisikan kebijakan terbaru terkait dengan penggunaan aplikasi yang perlu Anda setujui.

Nah, kembali pada topik dalam pembahasan kali ini penulis akan memberikan beberapa langkah untuk menonaktifkan akun WhatsApp Anda.

Hal Penting Sebelum Menghapus Akun WhatsApp Anda

Ada hal penting untuk Anda catat bahwa proses menghapus akun WhatsApp tidak dapat Anda batalkan. Bahkan mereka yang bertanggung jawab atas aplikasi tidak dapat membatalkan penghapusan. Langkah ini tidak hanya menghapus akun WhatsApp Anda, melainkan juga akan menghapus riwayat percakapan pesan pada aplikasi WhatsApp Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mencadangkan data WhatsApp Anda ke Google Drive atau iCloud untuk bisa menyimpan data percakapan Anda. Hal ini akan berfungsi jika suatu saat Anda menginginkannya kembali. Selain itu Anda juga perlu menghapus dari grup tempat Anda berpartisipasi.

Cara Menghapus Akun WhatsApp Anda

Setelah melakukan pengamatan lebih lanjut, untuk menghapus data akun WhatsApp, Anda perlu membuka aplikasi itu sendiri dan ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

1. Setelah aplikasi WhatsApp terbuka, klik titik tiga vertikal pada pojok kanan atas, lalu pilih opsi Pengaturan.
2. Masuk ke opsi Akun, kemudian pilih Hapus akun saya.
3. Pilih Negara dan konfirmasi nomor telepon Anda jika Anda benar-benar akan menghapusnya.
4. Ketuk tombol Hapus akun saya pada tombol merah yang ada di bawah.

Cara Menonaktifkan Akun WhatsApp Anda Jika Ponsel Hilang

Jika ponsel Anda hilang, mungkin opsi yang paling tepat untuk menonaktifkan WhatsApp adalah melalui layanan WhatsApp itu sendiri. Ada dua opsi yang bisa Anda lakukan jika anda sedang dalam kondisi seperti ini. Pertama, dengan memblokir kartu SIM. Kedua, jika Anda tidak dapat melakukan ini karena alasan apa pun, Anda dapat menonaktifkan akun Anda langsung dengan WhatsApp. Anda juga dapat memblokir kartu SIM untuk menghentikan WhatsApp bekerja melalui jaringan Wi-Fi.

Nag, untuk menonaktifkan akun WhatsApp Anda, Anda perlu mengirim email ke WhatsApp secara langsung. Akun Anda akan segera dinonaktifkan setelah Anda mengirim email. Nanti Anda dapat mengaktifkan kembali akun Anda melalui SMS atau panggilan telepon. Seperti biasa, jika ponsel Anda hilangm berarti setelah Anda memiliki ponsel baru. Jika Anda tidak mengaktifkan kembali akun Anda dalam waktu 30 hari, maka akun tersebut akan terhapus otomatis secara permanen.

1. Gunakan klien email (Yahoo, Gmail, Outlook, atau lainnya) untuk mengirim pesan ke alamat berikut: [email protected];
2. Subjek email harus jelas. Misalnya: “Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya“;
3. Perlu Anda ingat, Anda juga perlu menuliskan hal yang seperti di atas melalui badan email, tulis: “Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya (nomor telepon Anda dalam format internasional lengkap).

Semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat yang luar biasa untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.