Cara Beralih Ke Safe Mode Di Windows 7

Beralih Ke Safe Mode Pada Windows 7

Windows 7 merupakan operasi sistem komputer yang meluncur pada tanggal 22 Juli tahun 2009. Pada tanggal 14 Januari 2020 dukungan sistem operasi Windows 7 ini telahdi hentikan. Maksut sudahdi hentikan, operasi sistem ini sudah tidak dapat update lagi dari Microsoft. Namun walaupun demikian masih cukup banyak pengguna yang menggunakan operasi sistem ini. Hal tersebut biasanya terjadi karena keterdukungan spesifikasi yang kurang untuk beralih ke Windows 10.

Beralih Ke Safe Mode Pada Windows 7
Beralih Ke Safe Mode Pada Windows 7

Sumber Gambar

Windows 7 sendiri merupakan operasi sistem yang terbilang memiliki ukuran yang lebih ringan. Selain itu tampilannya cukup memanjakan mata. Sehingga segelintir pengguna sangat mempertimbangkan untuk beralih ke versi terbarunya. Seperti pada versi Windows lainnya. Pada versi ini sendiri sudah mendukung Safe mode.

Apa itu Safe Mode Pada Windows?

Safe mode yang  bahasa Indonesianya adalah Mode aman, adalah salah satu fitur operasi sistem Windows yang sering sekali pengguna gunakan. Biasanya fitur ini pengguna gunakan untuk melakukan troubleshooting apa bila terjadi masalah. Semisal karena ada program yang tidak berjalan secara normal, atau mungkin terinfeksi virus. Biasanya pengguna akan memperbaikinya menggunakan fitur safe mode ini.

Ketika pengguna menjalankan mode ini, nantinya Windows hanya akan menjalankan driver serta program yang penting selama proses startup. Nah dengan begitu pengaturan serta aplikasi yang mungkin mengalami masalah tidak akan berjalan. Dengan begitu nantinya pengguna dapat memperbaiki masalah yang terjadi tanpa mengalami gangguan.

Safe mode sendiri memiliki dua versi. Versi pertama adalah Safe mode biasa kemudian versi kedua adalah safe mode dengan jaringan. Perbedaan dengan Safe mode biasa. Pada safe mode ini menambahkan fitur layanan jaringan yang biasanya terkunci ketika menggunakan safe mode biasa.

Ketika Kondisi Ini Fitur Safe Mode Harus Digunakan :

Kondisi pertama ketika ada sebuah aplikasi yang tidak bisa kita hapus dengan mode biasa. Nah dengan menggunakan safe mode kita dapat menghapus aplikasi tersebut secara paksa. Kondisi kedua adalah ketika perangkat kita terjangkit virus. Ketika kita menggunakan safe mode kita dapat menghapus virus ataupun program virus. Hal ini karena ketika kita menggunakan mode biasa, virus biasanya akan membatasi gerak kita. Semisal seperti saat kita terkena ransomeware virus ini nantinya akan menguci semua pergerakan kita. Dengan safe mode ini nantinya kita dapat menghapus beberapa aplikasi  virus ini dengan paksa. Untuk beralih ke safe mode pada Windows 7 sebenarnya tidak terlalu susah. Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

Cara Beralih Ke Safe Mode Di Windows 7

  • Pertama nyalakan komputer atau laptop terlebih dahulu, ketika dalam posisi menyala anda dapat merestat perangkat anda
  • Selanjutnya sebelum masuk ke Windows saat layar masih hitam, tekanlah tombol F8 berkali-kali sampai menu Advanced boot Options tampil.
  • Nantinya anda dapat melihat beberapa opsi. Yang pertama adalah Safe Mode, kemudian ada juga Safe mode with networking. Saat anda ingin masuk ke safe mode tanpa menghidupkan internet, anda dapat menekan safe mode biasa. Sedangkan jika anda butuh internet anda dapat menekan Safe mode with Networking.
  • Kemudian terakhir tekanlah Enter dan tunggu sebentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.