Cara Atasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp

Mengatasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp

Bagaimana jika masalah ini terjadi pada anda? Mengingat aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan instan yang sangat populer. Para pengguna WhatsApp yang meluas ke seluruh dunia dan menjadikan aplikasi ini sebagai tempat komunikasi jarak jauh.

WhatsApp selalu berusaha memenuhi kebutuhan para penggunanya. Seperti yang kamu tahu, WhatsApp punya berbagai inovasi menarik untuk membuat para penggunanya nyaman. Hal tersebut dilakukan agar semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Terbukti aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik, baik untuk Android maupun iOS.

Cara Atasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp
Cara Atasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp

Sumber Gambar

Di sisi lain, aplikasi ini didesain agar bisa support dengan berbagai format file. Seperti halnya, format video dan foto, dokumen misalnya word, dan lain-lain. Bahkan WhatsApp telah melakukan update agar semakin mendukung berbagai format file lainnya.

Meski demikian, terkadang ada saja format file yang tidak didukung oleh WhatsApp yang kamu gunakan. Informasi yang muncul, seperti Not supported Format atau format file tidak didukung.

Penyebab Format File Tidak Didukung di WhatsApp

Terkadang ada pengguna yang mengalami masalah seperti file yang ingin mereka unduh ternyata tidak bisa. Kondisi ini bisa dibilang tidak mendukung format file. Bisa saja file ini memiliki format khusus dan bukan memiliki format umum. Tetapi, terkadang masalah ini juga bisa disebabkan oleh aplikasi WhatsApp kalian yang mungkin sudah harus di update.

Cara Atasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp

Setelah memahami hal-hal diatas, selanjutnya kalain perlu tahu bagaimana cara mengatasi masalah format file yang tidak didukung di aplikasi WhatsApp.

1. Update WhatsApp

Mungkin aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan saat ini adalah versi lama, sehingga fitur-fiturnya masih belum lengkap. Dimungkinkan WhatsApp yang kamu gunakan masih belum mendukung berbagai file.

Oleh karena itu, kamu harus mengupdatenya. Kamu hanya perlu masuk ke Play Store. Lalu, cari aplikasi WhatsApp dan klik Update.

2. Mengubah Format File

Cara kedua untuk mengatasi format file yang tidak didukung adalah dengan mengubah ekstensi file. Cara yang cukup sederhana ini tenyata mampu membuat WhatsApp support dengan file tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka File Manager di HP
  • Cari file yang kamu ingin ubah formatnya
  • Kemudian tekan file tersebut dan pilih Rename atau Ganti Nama (Ubah format menjadi .zip, .mp3 dan lain-lain), selesai!

3. Kompress File

Cara mengatasi format file tidak didukung selanjutnya bisa dengan memperkecil ukuran dari file tersebut. Kamu bisa mengompress file dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa kamu unduh di Play Store. Salah satu aplikasi kompress file android adalah ZArchiver. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Download aplikasi ZAarchiver di Play Store
  • Masuk ke direktori file untuk menemukan file yang ingin kamu kompress.
  • Tekan dan tahan file lalu pilih Kompress
  • Atur nama dan juga formatnya, sesuaikan pengaturan format dengan kebutuhan. Jika sudah, klik OK!

Selesai! Seharusnya sekarang file tersebut sudah didukung oleh aplikasi WhatsApp. Semoga membantu!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.