Blue Screen of Death Kini Berubah Menjadi Warna Hitam di Windows 11

Blue Screen of Death Kini Berubah Menjadi Warna Hitam Pada Windows 11

Microsoft mengubah warna Blue Screen of Death (BSOD) yang terkenal dengan warna biru menjadi hitam pada Windows 11. Raksasa perangkat lunak itu mulai menguji perubahan desain barunya melalui pratinjau Windows 11 awal pekan ini. Namun Black Screen of Death belum sepenuhnya Microsoft aktifkan.

Blue Screen of Death Kini Berubah Menjadi Warna Hitam Pada Windows 11
Blue Screen of Death Kini Berubah Menjadi Warna Hitam Pada Windows 11

image source

Seperti mengutip dari The Verge, memahami bahwa Microsoft akan beralih ke Black Screen of Death untuk Windows terbarunya, yakni Windows 11. Hal ini nampaknya mulai mencocokkan layar logon waktu booting dan shutdown hitam yang baru.

Hal ini merupakan perubahan besar pertama pada BSOD sejak Microsoft menambahkan emoji wajah sedih ke layar Windows 8 pada 2012, dan kode QR pada 2016. Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD pada Windows 3.0, menawarkan cara bagi profesional TI dan personel pendukung untuk mendiagnosis perangkat keras dan kesalahan memori.

BSOD adalah kesalahan kernel atau pemeriksaan bug Windows sendiri, dan biasanya mencakup kumpulan data yang dapat membantu administrator sistem menganalisis kesalahan sistem apa yang menyebabkan layar biru.

Sementara Microsoft beralih ke Black Screen of Death di Windows 11, layarnya identik dengan yang Anda temukan pada Windows 10. Emoji wajah sedih tetap ada, seperti halnya kode berhenti dan crash dump. Pratinjau Windows 11 saat ini menyertakan BSOD hijau, warna yang telah Microsoft gunakan untuk build Windows Insider sejak 2016.

Dalam hal ini penulis tidak sepenuhnya yakin mengapa Microsoft mengubah warna dari biru menjadi hitam. Dan hingga saat ini Microsoft belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait warna hitam tersebut. Sebagai teori saja, Microsoft sedang merombak banyak bagian Windows 11, dengan pendekatan baru yang lebih keren. Kemungkinan karena Windows 11 menyertakan perombakan visual untuk memodernisasi OS pada area utama, termasuk bagian klasik seperti menu Start, File Explorer, dan sekarang bahkan BSOD.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.