Begini Langkah Mudah Untuk Memblokir Driver Pada Windows 10

Cara Memblokir Driver Pada Windows

Memblokir Driver pada Windows merupakan langkah yang perlu kamu lakukan jika dengan menginstal ataupun mengupdate Driver menyebabkan komputer kamu error. Jadi ini memang wajib dilakukan untuk mengatasi agar komputer tidak error. Karena bisa jadi kemungkinan Driver update yang terinstal tidak cocok dan meminta tetap menggunakan driver lama.

Driver merupakan istilah dalam sebuah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak. Hal ini tentunya yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.

Cara Memblokir Driver Pada Windows
Cara Memblokir Driver Pada Windows – image source

Sebagian lainnya juga malah menjadi penyebab komputer jadi error dengan melakukan instal driver baru pada Windows. Nah, agar masalah ini tidak terjadi pada laptop tau komputer kamu, silahkan kamu blokir saja agar driver tidak terinstal secara otomatis saat melakukan update.

Langkah Mudah Untuk Memblokir Driver Pada Windows 10

1. Pertama silahkan Buka Group Policy Editor melalui Windows+R, kemudian ketikkan gpedit.msc

2. Kemudian navigasi ke Computer Configuration => Administrative Templates => System => Device Installation => Device Installation Restrictions.

3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Prevent installation of devices that match any of these device IDs.

4. Selanjutnya klik opsi Enabled, lalu pilih opsi Show. Kemudian paste (CTRL + V) hardware ids yang sudah kamu copy pada Device Manager, disini kamu bisa menambahkan lebih dari satu hardware id. Klik OK jika sudah selesai dan akan menyimpan pengaturan.

Untuk melakukan copy Ids, kamu bisa membuka melalui Windows Explorer. Pada Drive C, klik kanan pilih Properties => Device Manager. Silahkan pilih driver mana yang tidak ingin kamu lakukan update atau terupdate secara otomatis. Sehingga nantinya tidak menyebabkan error pada peranti lunaknya.

Demikian artikel tentang bagaimana cara memblokir driver pada windows. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika kamu membutuhkan pertanyaan lain atau tips lain, bisa tulis dalam komentar di bawah ini.