Begini Langkah Mudah Membuat Bootable Windows dengan Rufus

Cara Membuat Bootable di Windows

Membuat Bootable merupakan hal penting yang perlu kamu ketahui terutama bagi seorang teknisi. Bootable merupakan cara membuat installer sistem operasi yang disimpan dalam sebuah flashdisk. Hal ini yang kemudian dapat kamu lakukan instalasi Sistem Operasi dengan menggunakan USB.

Rufus merupakan aplikasi portabel sumber terbuka dan gratis untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat USB flash drive yang dapat digunakan bootable atau Live USB. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pete Batard dari Akeo Consulting. Dengan bantuan aplikasi rufus ini, kamu akan lebih mudah melakukan instalasi Windows pada laptop ataupun komputer.

Cara Membuat Bootable di Windows
Cara Membuat Bootable di Windows – image source

Adapun langkah-langkah untuk membuat Bootable tersebut, kamu harus perlu file sistem operasi dalam bentuk .iso. Tanpa file .iso tersebut, tentunya kamu tidak akan bisa untuk membuat sebuah installer dari USB dengan bantuan aplikas rufus. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak pada panduan di bawah ini.

Begini Langkah Mudah Membuat Bootable Windows dengan Rufus

1. Masukkan perangkat USB yang ingin kamu jadikan sebagai Bootable. Pastikan memiliki letter drive yang sesuai.

2. Klik opsi SELECT dan kemudian arahkan pada file ISO Windows yang berada dalam penyimpanan drive kamu. Pilih opsi antara Standard Windows Installation atau Windows To Go. Jika ingin melakukan installasi biasa, maka pilih Standard Windows Installation.

3. Silahkan pilih jenis sistem yang ada di laptop kamu. Biasanya penting bootable. Kamu bisa menggantinya atau membiarkannya default.

4. Selanjutnya akan memulai proses pembuatan bootable.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda.