Begini Langkah-Langkah Mudah Mematikan Update di Windows 10

Cara Mematikan Update di Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu versi Windows yang banyak memiliki pembaruan atau update. Sehingga ini kadang menjadi sebuah masalah bagi kita khususnya yang tidak memiliki jaringan internet Wi-Fi. Apalagi yang masih menggunakan tethering Wi-Fi Smartphone. Sehingga kamu perlu mematikan update windows 10 tersebut.

Ini pernah jadi pengalaman penulis, waktu itu pernah melakukan instal Windows 10. Setelah selesai laptop langsung digunakan untuk browsing dan semacamnya. Alhasil, berselang beberapa jam kemudian ternyata dapat Notifikasi paket data sudah melebihi batas pemakaian wajar. Maklum sih, paket data penulis batasi untuk pemakaian harian. Setelah dicek, ternyata data yang digunakan sudah mencapai 4 GB lebih.

Cara Mematikan Update di Windows 10
Cara Mematikan Update di Windows 10 – image source

Maka dari itu saya bingung, karena baru terjadi pas hari itu saja. Laptop langsung penulis matikan, tiba-tiba muncul update Windows 10 yang prosesnya sudah dalam tahap pemasangan. Setelah di cek ternyata benar, kuota internet terpakai download update sistem Windows 10 yang lupa tidak dimatikan sehabis instal Windowsnya. Share pengalaman saja ya.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada pembaca semua. Disini penulis akan memberikan tips bagaimana cara mematikan update Windows 10 agar tidak jalan terus, terutama saat habis melakukan instal ulang.

Begini Langkah-Langkah Mudah Mematikan Update di Windows 10

#1 Menggunakan services.msc

1. Silahkan tekan kombinasi tombol logo Windows + R secara bersamaan, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.

2. Selanjutnya cari Windows Update, dan klik dua kali.

4. Pada Startup Type, pilih “Disabled“. kemudian klik tombol Stop pada pilihan Service status, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan.

#2 Menggunakan Pengaturan Windows 10 

Cara ini tidak bisa mematikan Auto Update secara permanen, tapi bisa membantu menghentikan update otomatis untuk sementara waktu. Caranya:

1. Masuk pada Setting, klik Update & Security => Windows Update yang ada di sisi kiri => Advanced options.

2. Di bawah Pause Updates, klik toggle yang ada hingga menjadi On. Cara ini hanya akan menghentikan update otomatis selama 35 hari.

#3 Menggunaka Policy Editor

1. Tekan tombol kombinasi logo Windows + R lalu ketik gpedit.msc kemudian Enter.

2. Pilih Computer Configuration => Administratif Template => Windows Components => Windows Update.

3. Klik dua kali pada Configure Automatic Updates., pilih Disable pada panel di sebelah kiri, dan klik Apply dan OK untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis Windows.

Itulah 3 langkah mudah mematikan update pada Windows 10.