Windows 11 Mirip macOS

Begini Cara Windows 11 Mengambil Inspirasi Dari macOS

Tahukan Anda jika user interface Windows 11 sangat mirip dengan macOS? Hal ini secara tidak langsung Windows 11 mengambil inspirasi dari tampilan macOS sehingga menjadi lebih modern dari pada Windows sebelumnya.

Windows 11 Mirip macOS
Windows 11 Mirip macOS

image source

Ketika Microsoft mengumumkan Windows 11 bersamaan dengan visinya untuk OS baru yang modern dan lebih keren, banyak yang membandingkannya dengan tampilan macOS ataupun ChromeOS. Hal ini meskipun tidak semua yang ada pada Windows 11 adalah salinan dari sistem operasi lain, namun Microsoft juga mengambil inspirasi sedikit dari kompetisinya.

Jadi, mari kita lihat hal-hal yang mirip dari Windows 11 dan macOS dan lihat apakah penambahan tersebut membuat OS ini menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Begini Cara Windows 11 Mengambil Inspirasi Dari macOS

1. Taskbar di Tengah

Salah satu perubahan visual terbesar yang datang ke Windows 11 adalah taskbar terpusat. Ini adalah hal pertama yang Anda perhatikan ketika Anda mem-boot Windows 11. Sementara orang-orang yang menyukai desain bilah tugas klasik mungkin kurang menyukainya, namun perubahan ini mendapat sambutan baik yang pujian dari banyak orang.

Perubahan tersebut mewakili pendekatan modern dan minimalis ke deretan ikon rata kiri yang Anda temukan padaWindows 10. Dan, melihat bagaimana macOS memiliki Dock terpusat selama bertahun-tahun hingga sekarang ini, namun tidak ada yang dapat menyangkal pengaruh macOS dari sini.

Secara keseluruhan, bilah tugas atau taskbar tengah terlihat modern dan menarik, bahkan jika daya tarik itu datang dengan mencuri bagian terbaik dari kompetisi.

2. UI Baru Dengan Sudut Bulat

Microsoft selalu berjingkat-jingkat pada sekitar gagasan sudut membulat pada UI Windows terbarunya. Misalnya, Windows XP memiliki sudut yang sedikit membulat untuk elemen UI seperti windows. Tema yang sama kemudian berlanjut dengan Windows Vista dan Windows 7.

Namun pada Windows 8 dan 10, Microsoft memperkenalkan bahasa desain “Metro”, yang memperkenalkan beberapa sisi keras. Akibatnya, semua elemen UI, termasuk aplikasi pihak ketiga, memiliki tepi yang keras pada sudutnya.

Sekarang, dengan kehadiran Windows 11, Microsoft akan kembali ke sudut bulat untuk semua elemen UI. Aplikasi pihak ketiga juga akan memiliki tepi yang kurang runcing, meskipun belum terprogram secara khusus. Dan dari mana datangnya inspirasi untuk sudut membulat? Sekali lihat bagian tepi Windows 11 yang lebih lembut dan bulat, dan Anda akan langsung ingat ke macOS.

3. Efek Transparansi Halus

Efek transparansi adalah salah satu hal yang selalu ingin Microsoft sertakan dalam Windows. Apalagi sekarang ini semua sistem operasi utama sangat menggunakan efek transparansi, hanya masalah waktu sebelum Microsoft berkomitmen untuk menghadirkan efek ini.

Namun, dalam hal efek transparansi, komitmen ini bukanlah hal baru. Pembuat OS melakukan percobaan pertama dengan memperkenalkan bahasa desain “Windows Aero” pada Windows Vista.

Sayangnya, Windows Aero tidak berhasil seperti yang Microsoft harapkan, dan ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, persyaratan perangkat keras untuk menjalankan efek transparansi Windows Aero cukup tinggi, sehingga banyak orang tidak dapat menjalankannya saat itu. Kedua, fiturnya setengah matang dan tidak banyak berubah.

Mengikuti Windows 7, Microsoft kemudian membuang Windows Aero dengan memperkenalkan bahasa desain baru dengan Windows 8 dan 10. Dan sekarang, Microsoft membawa kembali efek transparansi pada Windows 11.

4. Bagian Khusus untuk Widget

Mengambil daun langsung dari buku Apple, Microsoft memperkenalkan bagian widget khusus pada Windows 11 layaknya macOS.

Seperti yang Microsoft dikatakan, bagian widget akan menyerupai “lembaran kaca” dan berfungsi sebagai hub untuk aplikasi pihak pertama Microsoft. Ini juga akan menunjukkan kepada Anda berita dan hal-hal terkait lainnya di bagian akhir. Terakhir, ada sedikit perbedaan antara bagian widget macOS dan penawaran Windows 11. Misalnya, posisi bagian. Sementara widget macOS berasal dari sisi kanan layar, widget Windows 11 berasal dari sisi kiri.

5. Dukungan untuk Aplikasi Seluler

Windows 11 menghadirkan dukungan asli untuk aplikasi Android ke Windows 11. Ini adalah respons yang jelas dari Microsoft untuk mengejar ketertinggalan dengan dua pesaingnya: kemampuan macOS untuk menjalankan aplikasi iOS dan ChromeOS yang menjalankan aplikasi Android. Jadi, cukup mudah untuk melihat bagaimana macOS memengaruhi Windows 11 dalam hal ini.

Apa yang masih harus dilihat, bagaimanapun, adalah seberapa baik aplikasi seluler berjalan pada platform Windows 11. Masalah kompatibilitas juga menjadi perhatian besar. Demikian pula, kami juga tidak tahu apakah setiap aplikasi Android akan berfungsi pada setiap perangkat dan apakah Intel Bridge akan memberikan keunggulan pada perangkat Intel saat meniru aplikasi Android.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top