Begini Cara Mudah Setting GPS Agar Lebih Akurat di Smartphone Android

Cara Mudah Setting GPS Agar Lebih Akurat di Smartphone

GPS merupakan fitur penting dan pasti ada pada smartphone. Sehingga perlu kamu setting agar bisa lebih akurat dalam menampilkan lokasi yang dicari. Global Positioning System (GPS) merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang mencakup setidaknya 24 satelit. GPS ini memiliki fungsi untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit.

Cara kerja GPS ini melalui satelit yang yang mengelilingi bumi dua kali sehari dalam orbit yang tepat. Pada dasarnya, penerima GPS mengukur jarak ke masing-masing satelit dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk menerima sinyal yang dikirimkan. Dengan pengukuran jarak dari beberapa satelit lagi, penerima dapat menentukan posisi pengguna dan menampilkannya secara elektronik melalui smartphone.

Cara Mudah Setting GPS Agar Lebih Akurat di Smartphone
Cara Mudah Setting GPS Agar Lebih Akurat di Smartphone – image source

Kira-kira seberapa akuratkan GPS tersebut dalam menentukan sebuah lokasi? Seperti yang dikutip dari wikipedia, GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Nah, agar GPS kamu lebih akurat, kamu juga perlu kiranya untuk mengubah settingan pada smartphone kamu. Sehingga akan lebih menampilkan akurasi data yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bagaimana cara mengaturnya? Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mudah Setting GPS Agar Lebih Akurat di Smartphone Android

1. Pertama, silahkan masuk pada Settings atau Pengaturan pada smartphone kamu.

2. Selanjutnya, pilih menu Location atau Informasi Lokasi. Pada halaman ini, terlihat Location Services atau Layanan Lokasi pastikan dalam posisi aktif.

3. Kemudian, pada menu Kontrol Posisi, pilih Wi-Fi and Bluetooth Scanning. Pada halaman berikutnya, akan muncul menu Wi-Fi Scanning dan Bluetooth Scanning, aktifkan keduanya.

4. Maka, Setelah keduanya diaktifkan, akurasi GPS di smartphone akan menjadi lebih tinggi dan akurat.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih bisa meningkatkan akurasi GPS agar lebih tinggi dan akurat pada smartphone Android. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda.