Begini Cara Mudah Mengirim Gambar dan Video dengan Ukuran Full di WhatsApp

Cara Mudah Mengirim Media dengan Ukuran Full pada WhatsApp

Mengirim media dengan ukuran full pada WhatsApp memang sedikit lebih sulit dari biasanya. Karena WhatsApp terkenal dengan aplikasi yang mengompres secara otomatis semua media yang Anda kirim. Misalnya Anda mengirimkan foto dengan ukuran asli 2 MB, maka setelah masuk pada WhatsApp, foto tersebut bisa jadi akan berukuran 100-300 KB.

Cara Mudah Mengirim Media dengan Ukuran Full pada WhatsApp
Cara Mudah Mengirim Media dengan Ukuran Full pada WhatsApp

image source

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebesar apapun Media yang Anda kirim menggunakan WhatsApp, maka akan terkompres dengan sendirinya. Jadi pada lain kesempatan, hal ini juga dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki ukuran gambar terlalu besar. Sehingga sebagai salah satu caranya, Anda bisa mengompresnya dengan mengirimkan gambar tersebut dengan menggunakan WhatsApp.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna dalam setiap harinya, bahkan bisa mencapai hingga miliaran orang. Adanya file media yang kecil itu mungkin berfungsi dengan baik untuk meringankan suasana penyimpanan pada ponsel Anda. Akan tetapi jika gambar sudah terkompres, maka juga berakibat pada penurunan kualitas gambar yang menjadi kurang baik. Apalagi jika Anda ingin mencetaknya, jika terlalu besar, maka gambar biasanya akan pecah dan buram.

Lebih dari pada itu, WhatsApp juga membantu mempermudah penyimpanan ponsel dan data seluler Anda agar tidak banyak terpakai hanya untuk mengunduh gambar yang tidak terlalu penting. Algoritme kompresi WhatsApp tidak jauh dari mode Penghemat Penyimpanan Foto Google, dan penurunan kualitas gambar cukup jelas. Terutama untuk foto dengan detail kecil atau font teks kecil. Plus, batas ukuran yang ada mengurangi resolusi gambar dan video cukup signifikan, membuat foto yang Anda terima sulit ketika akan Anda cetak.

Solusi Mudah

Solusi untuk masalah ini ternyata sangat mudah, karena Anda tidak perlu menyimpang jauh dari aliran reguler Anda untuk mengirim foto dan video. Biasanya, Anda akan memilih Galeri setelah mengklik ikon lampirkan dalam jendela obrolan. Akan tetapi untuk melewati kompresi WhatsApp dalam hal mengirim gambar beresolusi penuh, Anda harus memilih Dokumen ketika akan melampirkan file gambar Anda. Opsi ini biasanya berguna untuk mengirim semua format file non-media. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah untuk file media yang tersimpan pada perangkat Anda.

Klik tombol lampirkan (icon klip kertas) => Dokumen => Jelajahi dokumen lain yang Anda ingin kirim. Baik berupa gambar, video, maupun dokumen.

Dengan cara ini, aplikasi akan memperlakukannya sebagai file non-media dan tidak akan menjalankan algoritme kompresinya.

Jika Anda memiliki seluruh koleksi foto yang ingin Anda kirim, buat format zip terlebih dahulu. Sehingga akan lebih masuk akal jika Anda tidak ingin daftar panjang file muncul pada jendela obrolan WhatsApp Anda. Anda dapat mengikuti jalur yang sama yang penulis sebutkan pada bagian atas untuk membagikan folder zip ini melalui WhatsApp.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.