Cara Mudah Instal Game Windows 7 pada Windows 10

Begini Cara Mudah Menginstal Game Windows 7 Pada Windows 10

Instal game Windows 7 pada Windows 10 memang bukan hal yang asing lagi. Windows 7 banyak memiliki kenangan yang melekat pada pengguna, salah satunya game bawaan Windows 7. Game ini merupakan game santai yang dapat Anda mainkan untuk menghilangkan rasa penat saat bekerja pada depan komputer. Namun, seiring berjalannya waktu game ini mulai hilang dan tidak menjadi bawaan default dari instalasi Windows 10 saat ini.

Cara Mudah Instal Game Windows 7 pada Windows 10

image source

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, Anda masih memiliki kesempatan untuk bisa memainkan game lawas yang ada pada Windows 7 ke dalam Windows 10 yang sekarang ini Anda gunakan. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin memainkan game Windows 7 tersebut pada Windows 10. Karena saat ini sebagian besar pengguna tidak lagi menggunakan sistem operasi Windows 7, melainkan Windows 10 yang sudah lebih familiar dengan berbagai fitur menarik yang dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Bagaimanapun, menginstal game Windows 7 pada Windows 10 masih memungkinkan dan itu jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Hal ini berkat pekerjaan yang telah pengembang independen lakukan agar tetap bisa menemani bekerja Anda pada Windows 10.

Bagi mereka yang tidak sadar, game Microsoft dibundel dengan Windows 2000, Windows XP, dan Windows 7. Baru setelah itu menghilang selamanya hingga sekarang ini. Jikapun Anda mencarinya, Anda tidak ada menemukannya dalam paket penginstalan Windows 10. Namun begitu, pada Windows 10, Anda masih dapat memainkan game seperti Solitare secara gratis, tetapi Microsoft akan meminta Anda untuk “meningkatkan ke edisi premium”. Di sisi lain, game Windows 7 menikmati peran yang jauh lebih menonjol dalam jajaran sistem operasi Microsoft.

Cara Mudah Menginstal Game Windows 7 Pada Windows 10

Dengan aplikasi pihak ketiga yang dibuat oleh anggota forum Digital Life, Anda dapat menginstal dan memainkan game layaknya Windows 7. Mulai dari Solitaire, Minesweeper, Mahjong Titans, dan Hearts pada Windows 10. Nah, untuk mengaktifkan dukungan game Windows 7, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Unduh terlebih dahulu aplikasinya melakui link ini.
2. Kemudian lakukan instalasi dan klik “berikutnya“.
3. Pilih game yang ingin Anda instal, dan hapus centang Game Internet
4. Tentukan lokasi penginstalan game tersebut, klik berikutnya.
5. Setelah penginstalan selesai, tutup program.
6. Buka Start Menu dan arahkan ke All Apps.
7. Pada semua daftar aplikasi, klik folder “Games” untuk meluncurkan game klasik tersebut.

Sebagai catatan, jika saat melakukan instalasi tersebut dicekal oleh Windows Defender bawaan Windows 10, Anda perlu memindai program tersebut menggunakan Windows Defender atau program antivirus pihak ketiga. Atau sebagai alternatif paling mudahnya adalah, Anda harus mematikan sejenak Windows Defender tersebeut hingga proses instalasi selesai.

Berikut Daftar Game Microsoft Klasik Mendukung Pada Windows 10

  • Classic Solitare, Spider Solitaire, dan Hearts.
  • Kapal penyapu ranjau
  • FreeCell
  • Tempat Ungu
  • Mahjong Titans

Mulai 27 Desember 2020, game-game ini bekerja dengan versi Windows 10 berikut:

  • Pratinjau Build 21777 atau yang lebih lama.
  • Windows 10 Versi 20H2 (Build 19042)
  • Versi 2004 (Build 19041)
  • Versi 1909 dan 1903.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version