Begini Cara Mudah Melakukan Update Windows 10 21H1 pada PC Anda

Cara Memasang Update Windows 10 21H1

Update Windows 10 21H1 pada rilis Mei 2021 kini sudah tersedia. Anda sudah dapat menginstalnya pada perangkat Windows Anda, baik PC ataupun Laptop. Versi Windows 10 21H1 secara resmi dirilis pada 18 Mei 2021. Seperti pada pembaruan 20H2, ini adalah pembaruan yang lebih kecil yang berfokus pada peningkatan dan penyempurnaan keamanan.

Cara Memasang Update Windows 10 21H1
Cara Memasang Update Windows 10 21H1

image source

Beberapa fitur besar yang semula rencananya akan hadir pada Windows 21H1 telah tertunda menjadi versi 21H2 pada akhir 2021 nanti. Nah, berikut ini penulis berikan cara mudah memasang pembaruan Windows 10 21H1 pada perangkat Anda.

Cara Memasang Pembaruan Windows 10 21H1

Pembaruan Windows akan secara otomatis menginstal pembaruan pada PC Windows 10 Anda. Namun, Anda mungkin harus menunggu secara bertahap hingga pihak Microsoft meluncurkan pembaruan ke PC Anda. Namun jika Anda tidak ingin menunggu lama, Anda bisa dengan cepat melakukannya melalui pengaturan Windows Anda.

Untuk mendapatkan pembaruan dengan segera, Anda dapat menuju ke Pengaturan => Update And Security => Windows Update. Tunggu hingga proses unduh Windows 10 dari server Microsoft selesai. Selanjutnya tinggal klik tombol “Restart”, untuk menginstal pembaruan tersebut.

Pembaruan Kecil Untuk Windows 10 21H1

Ketika Microsoft awalnya merilis Windows 10, perusahaan itu merilis dua pembaruan besar setahun yang dikemas dengan fitur-fitur baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft telah bergeser dari rencana ini. Microsoft merilis pembaruan secara signifikan setiap enam bulan sekali atau dua kali dalam setahun. Biasanya Microsoft merilis pembaruan “besar” dengan menghadirkan fitur-fitur baru pada musim semi diikuti oleh pembaruan yang lebih kecil dengan perbaikan bug dan keamanan pada musim dingin.

Pada tahun 2020, misalnya, Pembaruan Mei 2020 (20H1) lebih besar. Lalu diikuti oleh Pembaruan Oktober 2020 yang lebih kecil (20H2). Nampaknya ini juga akan berlaku untuk sekarang ini. Pembaruan 21H1 membawa beberapa fitur yang lebih besar, lalu juga akan diikuti oleh pembaruan kecil yang kemungkinan akan terjadi pada 21H2, yang mungkin akan disebut Pembaruan Oktober 2021.

Pembaruan Kecil Hanya Memperbaiki Bug Windows

Untuk Windows, pembaruan kecil belum tentu merupakan hal yang buruk. Pembaruan kecil ini adalah unduhan yang jauh lebih kecil dan menginstal jauh lebih cepat tanpa proses reboot yang lama. Mereka berfokus untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan. Microsoft tidak lagi terburu-buru untuk menjejalkan fitur-fitur seperti My People dan Paint 3D ke setiap pembaruan Windows 10.

Berikut penjelasan dari Microsoft John Cable, Vice President of Program Management for Windows Servicing and Delivery:

Windows 10, versi 21H1 akan memiliki serangkaian fitur yang meningkatkan keamanan, akses jarak jauh, dan kualitas. Fitur yang kami rilis dalam pembaruan ini difokuskan pada pengalaman inti yang menurut pengguna paling mereka andalkan saat ini. Jadi, kami mengoptimalkan rilis ini untuk mendukung kebutuhan pengguna kami yang paling mendesak.

Apa yang Baru pada Pembaruan Windows 10 21H1

Hampir tidak ada yang baru dalam pembaruan 21H1 Windows 10. Namun, Windows masih memperbaiki dengan patch keamanan penting dan perbaikan bug. Namun, semua fitur yang tampaknya akan hadir pada Pembaruan Windows 10 Mei 2021 telah ditunda. Anda akan melihat perubahan menarik yang hadir dalam panduan kami untuk pembaruan 21H2 Windows 10.

Kami berharap proses pengembangan yang panjang ini memberi Microsoft kesempatan untuk memastikan fitur-fitur ini baik dan stabil sebelum meluncur secara global.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.