Begini Cara Mudah Masuk ke Safe Mode Pada Ponsel Android

Begini Cara Masuk Safe Mode

Android juga memiliki cara khusus untuk Masuk ke Safe Mode. Hal ini biasanya banyak digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada ponsel Android. Misalnya aplikasi error, aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal, bahkan ponsel yang tidak bekerja dengan normal dan sering menyebabkan crash pada sistemnya.

Begini Cara Masuk Safe Mode
Begini Cara Masuk Safe Mode

image source

Aplikasi mogok berjalan bukan masalah besar. Namun, jika Anda mengalaminya lebih dari masalah tersebut, itu mungkin merupakan tanda masalah yang lebih signifikan. Jika Anda mencoba berbagi dokumen penting dengan rekan Anda atau memproses pembayaran penting, namun hal tersebut tidak bisa Anda lakukan karena ponsel sering terjadi crash ketika membuka aplikasi.

Situasi inilah yang membuat Anda menjadi kebingungan. Karena Anda sendiri tidak bisa secara langsung mengklaim jika yang bermasalah adalah ponsel Anda. Bahkan bisa jadi, hanyalah aplikasi yang Anda instal membawa bug sehingga mengakibatkan sistem menjadi macet. Untuk itu, untuk mengatasinya Anda perlu masuk dalam safe mode terlebih dahulu.

Melalui tulisan ini, kami akan membawa Anda memahami terlebih dahulu apa itu safe mode serta cara mengaktifkannya pada ponsel Anda.

Apa itu Safe Mode Untuk Android?

Safe Mode (mode aman) adalah cara termudah untuk mendiagnosis masalah pada ponsel atau tablet Android Anda karena menghentikan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda mem-boot dalam mode aman dan Anda melihat peningkatan kinerja yang signifikan, ada kemungkinan besar salah satu aplikasi pihak ketiga Anda yang menjadi penyebabnya.

Sebelum Anda masuk dan reboot ke Safe Mode ini, Anda mungkin ingin melakukan riset dan mencari tahu apakah pengguna lain memiliki masalah yang sama. Penelitian Anda berpotensi menghemat waktu Anda, karena Anda dapat menghapus aplikasi yang melanggar tanpa menguji setiap aplikasi satu per satu. Tentu saja, setelah Anda mem-boot ulang dari safe mode, Anda mungkin harus menguji setiap aplikasi pihak ketiga satu per satu untuk menemukan akar masalahnya.

Jika safe mode tidak menghasilkan peningkatan kinerja, masalahnya mungkin ada pada ponsel Anda sendiri, dan inilah saatnya untuk mendapatkan bantuan dari luar.

Bagaimana Cara Masuk ke Safe Mode?

Jika Anda telah memutuskan untuk mencoba ponsel Anda dalam safe mode ini. Anda mungkin khawatir bahwa proses cukup rumit, namun sebenarnya tidak. Selama perangkat Android Anda berjalan pada versi 6.0 atau yang lebih baru, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan dan tahan tombol daya hingga opsi daya muncul.
2. Ketuk dan tahan Matikan.
3. Tahan hingga Anda melihat Reboot to safe mode lalu ketuk prompt yang muncul.
4. Kata-kata yang tepat dari prompt dapat bervariasi menurut produsen ponsel Anda, namun setidaknya prosesnya tetaplah sama. Setelah Anda mengonfirmasi untuk reboot dalam safe mode, tunggu hingga ponsel Anda restart. Anda sekarang akan melihat aplikasi dan widget berwarna abu-abu, dan Anda hanya akan memiliki akses ke fitur default ponsel.

Cara Masuk ke Safe Mode Dengan Tombol Perangkat

Jika Anda mengalami masalah dengan layar yang lambat, Anda juga dapat mem-boot ulang dalam mode aman menggunakan tombol keras pada ponsel Anda. Ini sama mudahnya, dan Anda harus mengikuti langkah-langkah ini:

1. Tekan dan tahan tombol daya, lalu pilih Matikan.
2. Nyalakan kembali ponsel Anda dengan tombol daya, dan tahan tombol daya hingga Anda melihat logo animasi muncul.
3. Tahan tombol Volume Down setelah Anda melihat logo animasi muncul.
4. Lanjutkan menahan Volume Down hingga perangkat Anda melakukan booting.

Bagaimana Cara Keluar Dari Safe Mode?

Setelah Anda menyelesaikan petualangan Anda melalui safe mode ini, saatnya Anda untuk keluar dari mode tersebut. Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah reboot dari safe mode seperti biasanya. Kemudian hidupkan ulang ponsel Anda dengan menekan tombol daya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.