Begini Cara Mudah Instal Firefox di Chromebook

Cara Mudah Instal Firefox pada Chromebook

Menginstal Firefox pada Chromebook tentunya tidaklah sama dengan saat Anda menginstalnya pada Windows. Ketika Anda baru pertama kali membuka Chromebook, Anda jelas akan akan mendapatkan browser defaultnya adalah Google Chrome. Bagaimanapun, Chrome OS dibangun di sekitar browser web penakluk segalanya milik Google.

Cara Mudah Instal Firefox pada Chromebook
Cara Mudah Instal Firefox pada Chromebook

image source

Namun seiring bertambahnya usia Chrome OS selama bertahun-tahun, Chromebook bukan lagi sekadar laptop ringan untuk pekerjaan dasar dan penjelajahan web. Dengan dukungan Linux dan Android bawaan, Chromebook kini mampu menjadi menjadi teman bekerja Anda yang lebih serius. Sebagai pengguna yang menyukai Chrome OS namun ingin menggunakan Firefox sebagai browser web Anda, maka kini Anda dapat menginstalnya dengan mudah. Berikut ini penulis sertakan langkah-langkah cara mudah menginstal Firefox pada laptop Chromebook Anda.

Cara Memasang Firefox Pada Chromebook Intel atau AMD

Ada dua metode yang memungkinkan untuk menggunakan Firefox pada Chromebook, yakni menggunakan Linux atau Android. Jika Anda menginginkan pengalaman Firefox penuh maka Anda akan ingin menginstal versi Linux. Versi Android lebih longgar dan mungkin mengalami beberapa masalah kompatibilitas dengan beberapa Chromebook.

1. Aktifkan Linux Pada Chromebook

Jika Anda sudah mengaktifkan Linux pada Chromebook, maka Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, langkah pertama adalah mengaktifkannya terlebih dahulu.

Buka “Pengaturan” pada Chromebook Anda dan temukan opsi “Linux” pada bilah sisi bagian kiri. Klik ‘Aktifkan‘ dan ikuti petunjuk pada layar. Anda harus memberi nama Linux Anda dan memutuskan berapa banyak penyimpanan yang ingin Anda gunakan.

Selanjutnya, tekan “Instal” dan tunggu Chromebook Anda menyelesaikan pemasangan Linux tersebut. Setelah selesai maka terminal secara otomatis akan terbuka. Sebaiknya pastikan semua paket penginstalan sudah Anda perbarui menggunakan perintah berikut sebelum melangkah lebih jauh:

sudo apt update
sudo apt upgrade

2. Pastikan Flatpak Sudah Terinstal

Untuk menginstal Firefox versi terbaru pada Chromebook, Anda perlu menggunakan Flatpak. Ini mungkin sudah terinstal pada linux Anda. Untuk memeriksanya, cukup masukkan “flatpak –version” ke terminal dan jika ada, Anda akan melihat nomor versinya. Namun, jika Anda perlu menginstal Flatpak pada Chromebook Anda, masukkan perintah ini:

sudo apt install flatpak

3. Unduh dan pasang Firefox pada Chromebook Anda

Sekarang Flatpak sudah terinstal, Anda dapat melanjutkan dan menginstal Firefox. Sekali lagi, masuk pada terminal lalu masukkan perintah ini:

flatpak install firefox

Ikuti petunjuk apa pun yang muncul pada layar yang berkaitan dengan versi yang Anda temukan pada Flatpak. Dan pastikan Anda memilih opsi yang memiliki URL Mozilla resmi dalam deskripsinya.

Setelah instalasi selesai, Anda akan dapat meluncurkan Firefox dari folder “Linux apps” pada daftar aplikasi Anda. Peluncuran pertama mungkin memakan waktu cukup lama, jadi jangan khawatir, biarkan saja dan segera Anda akan melihat pemasangan baru browser Firefox pada Chromebook Anda.

Cara Memasang Firefox Pada Chromebook ARM

Jika Anda menggunakan Chromebook yang mendukung ARM seperti Chromebook Duet Lenovo IdeaPad, maka terdapat sedikit memiliki perintah yang berbeda pada terminal Linux. Mozilla mengatakan bahwa Firefox hanya secara resmi mendukung Chromebook x86, namun masih ada cara untuk menginstal Firefox full-fat pada laptop yang mendukung ARM.

Ini melibatkan penggunaan ESR (Extended Support Release) Firefox, yang lebih umum digunakan di perusahaan atau pendidikan. Itu tidak memiliki fitur terbaru, tetapi patch keamanan dan stabilitasnya mutakhir. Dan berfungsi dengan baik di Chromebook ARM.

1. Aktifkan Linux pada Chromebook

Jika Anda sudah mengaktifkan Linux pada Chromebook, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, langkah pertama adalah mengaktifkannya.

Buka “Pengaturan” pada Chromebook Anda dan temukan opsi “Linux” pada bagian sisi kiri. Klik “Aktifkan” dan ikuti petunjuk pada layar. Anda harus memberi nama wadah Linux Anda dan memutuskan berapa banyak penyimpanan yang ingin Anda gunakan.

Selanjutnya, tekan “Instal” dan tunggu Chromebook Anda menyelesaikan pemasangan wadah Linux. Setelah selesai terminal akan terbuka. Sebaiknya pastikan semua paket sudah diperbarui menggunakan perintah berikut sebelum melangkah lebih jauh:

sudo apt update
sudo apt upgrade

2. Unduh dan pasang Firefox pada Chromebook Anda

Selanjutnya Anda akan menginstal Chromebook, dan masukkan perintah berikut:

sudo apt install firefox-esr

Setelah instalasi selesai, Anda akan dapat meluncurkan Firefox dari folder “Linux apps” pada daftar aplikasi Anda atau dengan mengetikkan ‘firefox-esr’ di terminal. Peluncuran pertama mungkin memakan waktu cukup lama, jadi jangan khawatir, biarkan saja dan segera Anda akan melihat pemasangan baru browser Firefox.

Senmoga bisa bermanfaat Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.