Cara Mudah Download Instagram Reels

Begini Cara Mudah Download Instagram Reels

Jika Anda sering menggunakan Instagram, Anda tentunya selalu melihat instagram Reels orang lain bahkan ingin mendownloadnya. Instagram Reels adalah sebuah video singkat dengan durasi maksimal 15 detik dengan pilihan audio, efek, dan tools kreatif lainnya. Tak hanya itu, Anda juga dapat menggabungkan atau bahkan merekam beberapa klip untuk dapat menjadi satu video utuh.

Cara Mudah Download Instagram Reels
Cara Mudah Download Instagram Reels

image source

Dalam Instagram, tidak hanya memiliki fitur Reels saja, melainkan ada juga IGTV yang keduanya merupakan fitur video utama yang tersedia pada aplikasi Instagram. Tidak seperti IGTV, video Reels sifatnya pendek, layaknya video yang ada pada TikTok ataupun YouTube Short.

Karena itu, Anda mungkin ingin menyimpan video Instagram Reels secara offline pada perangkat Anda sehingga Anda dapat menontonnya kapan pun Anda mau. Atau selain itu, Anda juga dapat membagikannya kepada teman-teman Anda melalui aplikasi perpesanan lainnya seperti WhatsApp, Telegram dan lainnya.

Instagram Reels

Instagram Reels, memiliki fungsi layaknya aplikasi media sosial TikTok. Fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh Instagram pada 5 Agustus 2020 lalu dan mulai rilis pada aplikasi pengguna di seluruh dunia secara bertahap.

Mengutip dari Theverge, mirip dengan TikTok, Reels memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek dengan musik favorit Anda dan dapat Anda bagikan ke teman, pengikut dan dapat Anda temukan saat menggunakan aplikasi instagram.

Dalam panduan ini, Penulis akan memberikan langkah atau cara download Instagram Reels dengan mudah melalui ponsel Anda.

Cara Download Video Instagram Reels

Secara default, video online menghabiskan banyak data. Namun menyimpan video secara offline adalah cara praktis untuk menghemat data. Dengan begitu, setiap kali Anda ingin menonton ulang video, Anda tidak perlu menggunakan data Anda lagi.

Ini juga memungkinkan Anda berbagi video dengan teman-teman melalui aplikasi perpesanan lain, bahkan jika Anda kehilangan tautan berbagi sekalipun, Anda tetap bisa mengaksesnya pada perangkat Anda.

Cara yang Penulis uraikan ini tidak semudah saat Anda mendownload video dalam aplikasi TikTok. Sebaliknya, Anda menggunakan fitur Instagram Story untuk menyimpan Reel ke galeri ponsel Anda. Berikut ini cara menyimpan video Instagram Reels ke penyimpanan internal ponsel Anda.

1. Buka video Reels Instagram dan ketuk tombol Kirim.
2. Selanjutnya pilih Add Reel to Your Story (iPhone) atau Add Post to Your Story (Android).
3. Pada halaman pratinjau Story, ketuk dan tahan video dengan dua jari, satu sisi atas dan yang lainnya pada sisi bawah.
4. Perkecil video agar pas dengan halaman pratinjau Story Anda.
5. Kemudian ketuk ikon Download pada menu atas untuk menyimpan video tersebut. Instagram akan segera menyimpan video pada Galeri ponsel Anda.

Dan begitulah cara Anda menyimpan video Instagram Reels ke perangkat Anda tanpa menggunakan aplikasi atau situs web pihak ketiga. Selain itu, Anda dapat menemukan video Anda dalam aplikasi Foto jika Anda menggunakan iPhone karena secara otomatis akan tersimpan ke Rol Kamera. Jika Anda menggunakan perangkat Android, video akan disimpan pada folder Instagram.

Perlu Anda ketahui, bahwa cara ini juga berfungsi untuk video yang ada pada IGTV Instagram.

Mengunduh video Instagram Reels secara offline dapat berguna dalam berbagai skenario. Meskipun ada banyak aplikasi pihak ketiga lainnya yang tersedia, namun sejatinya tidak ada hal mudah yang mengalahkan cara bawaan tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top