Begini Cara Mudah dan Cepat Mencadangkan Kontak Android

Cara Mudah Mencadangkan Kontak Android

Mencadangkan kontak Android atau yang banyak pengguna sebut sebagai “backup” adalah membuat duplikasi kontak sebagai upaya untuk menjaga ketika ponsel Anda error atau bahkan yang lebih parahnya hilang. Jadi jika Anda tidak memiliki file cadangan, Anda akan kehilangan akses pada semua kontak Anda.

"Cara

image source

Lantas, bagaimana cara untuk mencadangkan kontak Android Anda? Saat ini Anda tidak perlu lagi mentransfer kontak Anda satu per satu. Ada banyak cara untuk mencadangkan kontak Android dengan cepat dan mudah ke berbagai media. Baik menggunakan penyimpanan online Google, kartu SD atau USB dan juga menggunakan kartu SIM. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mencadangkan kontak pada Android Anda.

Cara Mencadangkan kontak Android ke akun Google

Ini merupakan cara termudah dan paling nyaman untuk memastikan kontak Anda aman dan tidak mudah hilang. Karena Android adalah milik Google, sudah pasti akan mudah layanannya terintegrasi dengan sangat baik dengan sistem operasi seluler yang populer ini. Salah satu dari banyak manfaat yang dapat Anda nikmati adalah menyimpan kontak Anda ke server Google.

Google akan terus menyinkronkan kontak Anda secara otomatis. Ini mencakup semua kontak saat ini, serta yang Anda tambahkan atau hapus kapan saja. Jadi jika ponsel Anda tiba-tiba rusak, berhenti bekerja, atau Anda perlu berganti perangkat. Maka untuk Anda yang mencadangkan kontak Android ke akun Google akan tetap bisa mendapatkan kontak mereka pada penyimpanan cloud Google. Dan selanjutnya siap untuk Anda ambil kapan pun Anda butuhkan. Adapaun caranya adalah:

1. Dari perangkat Android Anda, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih opsi Akun.
2. Cari akun Gmail atau Google Anda. Kemudian masuk ke Sinkronisasi akun.
3. Pastikan pada opsi Kontak sudah tercentang.
4. Selanjutnya buka aplikasi Kontak.
5. Ketuk tombol menu 3-baris. Pilih Pengaturan => Sinkronisasi Kontak Google.
6. Pada bagian bawah juga sinkronkan kontak perangkat, pilih Kelola Pengaturan => Aktifkan Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.

Cara Mencadangkan Kontak Android Menggunakan Kartu SD atau Penyimpanan USB

Beberapa orang tentunya masih menyukai penyimpanan manual seperti Kartu SD atau Penyimpanan USD dari pada menggunakan penyimpanan cloud. Inilah sebabnya mengapa menggunakan penyimpanan eksternal untuk mencadangkan kontak Android adalah cara utama lain untuk menjaga kontak Anda tetap aman Anda dapat melakukannya melalui kartu SD atau perangkat penyimpanan USB apa pun.

1. Buka aplikasi Kontak Anda. Tekan tombol menu 3-baris dan masuk ke Pengaturan.
2. Pilih Ekspor.
3. Selanjutnya pilih lokasi penyimpanan kontak Anda, Biasanya akan muncul beberapa opsi, mulai Kartu SIM, Perangkat, atau akun Semua Penyimpanan. Dalam hal ini, akan mengekspornya pada kartu SD atau unit penyimpanan USB Anda.
4. Silahkan ikuti petunjuk dan simpan perangkat penyimpanan Anda melalui tempat yang aman. Anda juga dapat menyimpannya pada layanan cloud Anda dan menariknya kapan pun jika Anda perlukan.

Cara Mencadangkan Kontak Android ke Kartu SIM Anda

Perangkat Android terbaru membuatnya lebih rumit untuk menyimpan kontak melalui kartu SIM Anda. Aplikasi Kontak resmi Google sekarang hanya mengizinkan impor kontak dari kartu SIM, tetapi tidak mengekspornya. Demikian juga, Anda tidak dapat lagi menambahkan kontak satu per satu ke kartu SIM Anda dari aplikasi tersebut.

Namun beberapa dari Anda mungkin masih menggunakan aplikasi Kontak buatan pabrikan, yang mungkin masih memungkinkan Anda mentransfer kontak ke kartu SIM Anda. Seperti halnya dengan aplikasi Kontak Samsung. Jika Anda menggunakan aplikasi Samsung, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol menu 3 baris, buka Kelola kontak, tekan Impor/ekspor kontak, pilih Ekspor, pilih kartu SIM, dan ketuk Ekspor.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download melalui Google Play Store.

Cara Mencadangkan Kontak Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyaknya aplikasi pihak ke-3 memudahkan Anda untuk mencadangkan kontak Android. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan adalah Titanium Backup, Easy Backup, dan masih banyak lagi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.