Begini Cara Mengetahui Versi NET Framework di Windows 10

Cara Mengetahui Versi NET Framework pada Windows 10

NET Framework merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi microsoft windows. Fungsi dari NET Framework sendiri secara umum adalah untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi program dari berbagai macam bahasa pemrograman dan sekumpulan library agar sistem operasi windows dapat menjalankan sebuah aplikasi.

"Cara

image source

Apa Itu .Net Framework?

.Net Framework adalah software yang digunakan terutama pada sistem operasi Microsoft Windows. Ini merupakan suatu lingkungan kerja yang berguna untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam pemrograman dan kumpulan library agar dapat bekerja sama dalam menjalankan aplikasi berbasis windows.

Secara umum komputer hanya memiliki satu bahasa yaitu (assembly). Maka ketika Anda mendeveloved sebuah aplikasi bahasa, Net komputer tidak akan memahami bahasa tersebut. Oleh sebab itu Anda memerlukan perangkat lunak penerjemah untuk bisa menjalankannya. Tidak heran ada beberapa perangkat lunak yang tidak dapat berjalan dengan baik pada sebuah komputer jika bahasanya berbeda.

Begini Cara Mengetahui Versi .NET Framework di Windows 10

Apakah Anda ingin menemukan versi .NET Framework yang terinstal pada PC Windows 10 Anda? Anda dapat menggunakan perintah PowerShell atau melalui File Explorer untuk menemukan nomor versi .NET Framework yang Anda gunakan. Berikut langkah-langkahnya!

Menggunakan Windows PowerShell

Cara cepat dan mudah untuk menemukan versi yang Anda gunakan adalah dengan menggunakan perintah PowerShell. Menjalankan perintah ini berarti mencantumkan semua versi kerangka kerja yang terinstal pada PC Anda.

1. Untuk menggunakan perintah ini, pertama buka PowerShell. Anda bisa melakukannya dengan membuka menu “Start“, kemudian cari “Windows PowerShell“.
2. Pada jendela PowerShell, Copy perintah berikut dan Paste, kemudian tekan Enter:
Get-ChildItem ‘HKLM:\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\NDP’ -Recurse | Get-ItemProperty -Name version -EA 0 | Where { $_.PSChildName -Match ‘^(?!S)\p{L}’} | Select PSChildName, version
3. Maka PowerShell akan menampilkan daftar versi .NET Framework yang terinstal pada sistem Anda. Dari sini, Anda akan mendapatkan angka tertinggi yang merupakan versi kerangka kerja terbaru yang tersedia pada PC Anda.
5. Sekarang Anda dapat menutup jendela PowerShell.

Tampilan Windows Power Shell
Tampilan Windows Power Shell

Menggunakan Windows Explorer

Anda juga dapat melihat versi yang telah Anda instal dari Windows Explorer PC Anda.

1. Silahkan buka ke folder C:\Windows\Microsoft.NET\Framework pada sistem Anda. Anda dapat membuka folder “Framework” pada File Explorer dengan cepat, pertama buka Run. Lakukan ini dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
2. Pada kotak yang muncul, ketik perintah berikut ini.
C:\Windows\Microsoft.NET\Framework
3. Anda akan menemukan folder Framework, lalu lihat folder yang menunjukkan nomor versi tertinggi. Klik dua kali folder ini untuk membukanya.
4. Selanjutnya Anda akan melihat file “Accessibility.dll” pada folder yang terbuka. Klik kanan “Accessibility.dll” dan pilih “Properties.”
5. Pada jendela “Properties”, klik tab “Details” pada bagian atas.

"Mengetahui

Maka, tab “Detail” akan menampilkan berbagai informasi tentang file yang Anda pilih. Dari sini, Anda akan melihat “Versi produk,” karena nilai ini adalah versi .NET Framework terbaru yang sudah terinstal pada PC Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.