Apa Alasan Apple Hentikan Produksi iPhone 12 mini?

iPhone 12 mini

Pada tahun 2020, Apple telah memperkenalkan seri iPhone 12 terbaru. Meski sering mengalami kemunduran waktu peluncuran, Apple membuat kejutan dengan memperkenalkan langsung empat model iPhone 12. Keempat model tersebut adalah iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Seperti yang sudah kita ketahui, iPhone 12 adalah model yang paling laris di pasaran, diikuti oleh iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Yap! model iPhone 12 mini yang memiliki ukuran bodi yang kompak penjualannya sangat lambat. Karena itu, Apple masih mempertimbangkan untuk menghentikan produksi iPhone 12 mini-nya.

Apple Hentikan Produksi iPhone 12 mini
Apple Hentikan Produksi iPhone 12 mini

Sumber Gambar

Menurut laporan BusinessInsider, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini dilaporkan berencana menghentikan handsetnya yang paling terjangkau pada seri iPhone 12 pada Q2 2021. Laporan tersebut berdasarkan pada catatan ramalan terbaru JP Morgan Chase, dengan analisnya William Yang.

Laporan tersebut mengatakan bahwa perkiraan ini juga disesuaikan untuk seri iPhone 12 dan seri iPhone generasi baru yang diharapkan akan datang pada paruh kedua tahun ini. Sebelumnya, juga tersiar pemberitaan yang menyebutkan bahwa Apple menurunkan kapasitas produksi untuk iPhone 12 mini untuk model kelas atasnya.

Bisa dibilang, Apple menurunkan produksi iPhone 12 mini dari 11 juta unit menjadi 9 juta unit. Analis Yang menambahkan, mengingat permintaan untuk iPhone 12 mini yang begitu ‘lemah’, rantai pasokan bisa menghentikan produksi perangkat tersebut pada kuartal kedua tahun 2021.

Lebih lanjut, Yang mengatakan bahwa proyeksi penjualan iPhone 12 Pro Max akan naik 11 juta unit, iPhone 12 Pro 2 juta unit, dan iPhone 11 8 juta unit. Tak hanya itu, Yang juga memprediksi bahwa Apple mentarget untuk memproduksi 80 juta hingga 90 juta unit seri iPhone 13 mendatang.

Hal ini pertanda, ada peningkatan dari 76 juta unit yang dijadwalkan untuk seri iPhone 12 saat ini, yang diluncurkan pada paruh kedua tahun 2020. Analis tersebut juga optimis bahwa tidak akan ada model iPhone SE yang meluncur di tahun ini.

Permintaan iPhone 12 mini yang tidak sesuai harapan, kemungkinan menjadi alasan utama bagi Apple untuk menghentikan produksi handset tersebut, meski kabar ini masih sebuah laporan yang belum dikonfirmasi. Jadi, informasi ini bisa dianggap sebuah rumor, dan kita akan menunggu tanggapan Apple mengenai laporan ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.