5 Tips Untuk Menjaga Keamanan Pada Windows

Windows

Mengamankan komputer atau laptop kalian yang berbasis Windows tidaklah sulit. Beberapa langkah mudah dan sederhana, bisa efektif menjaga perangkat lebih aman.

Windows
Windows -Source : http://getwallpapers.com

Meski langkah ini mudah, tetapi masih banyak yang mengabaikan atau bahkan tidak tahu kalau hal-hal berikut perlu dilakukan.

Berikut Ini 5 tips dasar untuk mengamankan perangkat Windows :

1. Buat password untuk user

Langkah yang pertama yang bisa kamu gunakan untuk sistem keamanan pada windows kamu yaitu dengan memberikan password pada user. Tujuannya untuk menjaga dari tangan-tangan jahil yang ingin menggunakan Laptopkamu.

2. Aktifkan Windows Defender

Windows Defender berfungsi sebagai antivirus pada laptop kita, dengan Windows defender kita bisa menscan laptop apakah terkena virus atau baik-baik saja.
Nah, Jika kamu mau mengaktifkannya, Cari Settings di menu Start, pilih Update & Security, kemudian Windows Security dan terakhir pilih Open Windows Defender Security Center.

3. Teliti browser

Untuk menggunakan browser kamu juga perlu lebih teliti dengan add-on atau ekstensi yang dipasang di browser. Ada beberapa kasus di mana ekstensi browser mencuri data milik pengguna. Jadi, pastikan kalian hanya memasang ekstensi yang benar-benar dipercaya.

4. Jangan download sembarangan

Ini adalah tips yang harus selalu diingat. Kalau ingin mengunduh aplikasi pastikan unduh dari situs resmi atau Microsoft Store.

Kemudian perhatikan juga saat proses pemasangan. Jangan kamu asal klik tombol ‘Next’ , karena bisa saja kalian justru ketambahan program yang tidak jelas dan mencurigakan.

5. Periksa izin aplikasi

Sama dengan di smartphone, Windows juga memiliki fitur untuk mengontrol izin yang bisa dimiliki aplikasi. Ini sangat penting selain menyangkut masalah keamanan, tapi juga menyangkut privasi.
Jadi sebelum menginstal aplikasi periksa terlebih dahulu aplikasnya.

Itulah beberapa cara untuk menjaga keamanan pada windows kita. semoga bermanfaat.