5 Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp Kamu Yang Tiba-Tiba Hilang

Cara Mengembali Kontak WhatsApp yang Hilang

Pernahkah kamu pada saat kamu membuka Whatsapp tiba-tiba kontak yang ada di WhatsApp-mu hilang semua tanpa bekas? Jika hal ini sudah terjadi, sudah pasti membuat kamu bingung karena kontak-kontak penting seperti nomor orang tua atau orang terdekatmu hilang seperti di telan bumi dan kamu juga tidak bisa menghubungi mereka.

Cara Mengembali Kontak WhatsApp yang Hilang
Cara Mengembali Kontak WhatsApp yang Hilang -Source : www.tipspintar.com

Namun, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir berlebih ! karena ada cara untuk mengatasi permasalahan yang kamu sedang alami pada kontak whatsapp-mu. kamu pengen tahu bagaimana caranya ? simak ulasan berikut ini sampai selesai ya.

Berikut Ini 5 Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp Kamu  Yang Tiba-tiba Hilang :


1. Bersihkan cache aplikasi WhatsApp-mu.

Langkah ini bisa kamu lakukan jika kontak di WhatsApp kamu tiba-tiba hilang . Caranya, kamu masuk ke Settings kemudian pilih Application, lalu pilih WhatsApp. Nanti akan muncul tampilan Apps Info, kemudian kamu  pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache. Jika sudah, kemudian kamu coba restart smartphone-mu dan lihat kembali ke aplikasi WhatsApp. Pasti beberapa kontak yang hilang akan kembali lagi ke WhatsApp-mu.

2. Aktifkan menu Permission

Jika suatu saat nomor kontak kamu di WhatsApp tiba-tiba hilang , maka kemungkinan menu Permission di smartphone-mu belum aktif. Sehingga, menyebabkan kontak di smartphone dan WhatsApp tidak terkoneksi dan membuatnya hilang saat kamu tidak sengaja me-restart smartphone-mu. Nah, jadi kamu harus mengaktifkan menu permission di WhatsApp kamu.

3. Tampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp.

Jadi, kalau nomor kontak di WhatsApp kamu tiba-tiba hilang bisa jadi hal tersebut di sebabkan oleh pengaturan kontak di menu Pengaturan WhatsApp-mu belum aktif. Nah, biar gak terjadi lagi ada baiknya aktifkan pengaturan ini di menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display All Contact.

4. Aktifkan kontak di akun Gmail-mu.

Jika kontak di gGmailmu terlalu penuh maka kamu harus memilih kontak yang penting agar nanti kontak kamu tampil di WhatsApp kamu. Caranya pilih Settings di aplikasi kontak smartphone-mu. kemudian kamu cari menu Contact to display, dan cek list akun Gmail tempat kamu menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa kamu Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan secara otomatis kontak yang hilang alias gak terdeteksi akan dimunculkan.

5. Jika Tetep Tidak Bisa, coba hapus dan instal ulang WhatsApp-mu

Inilah cara paling akhir, terutama kalau kamu sudah mentok tidak bisa lagi mengembalikan nomor kontak yang hilang secara tiba-tiba. Namun perlu kamu ingat, saat menginstal ulang kamu harus memasang aplikasi yang ada di Play Store ya.

Semoga dengan cara ini, nomor kontak yang hilang di smartphone kamu bisa kembalik lagi. Jadi, kamu bisa menghubungi orang tuamu maupun orang terdekatmu. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.