Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

5 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Mengatasi laptop lemot merupakan bagian penting dari membuat rasa nyaman saat Anda bekerja. Jika tidak, ini akan menjadi masalah baru yang nantinya akan membuat Anda cepat bosan dalam mengerjakan sesuatu jika laptop Anda tidak mendukungnya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Laptop lemot terjadi karena banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Selain dapat mengganggu efisiensi dalam bekerja, terkadang juga sering membuat Anda naik darah. Hal ini sudah terlihat dalam beberapa survei lapangan yang mengatakan jika bekerja dengan perangkat yang nyaman akan membuat Anda lebih senang dan fikiran semakin fresh. Salah satunya yang termasuk perangkat dalam bekerja adalah Laptop.

Pada zaman yang semakin modern ini, kehadiran Laptop menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan. Berbagai macam fungsinya yang dapat memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer dan lainnya. Laptop sering disebut sebagai komputer jinjing. Ini tidak lepas dari fisiknya yang dapat Anda bawa ke mana-mana. Bentuknya yang kecil lebih lebih flexible dan efektif Anda gunakan ketimbang dengan komputer dekstop yang memakan ruang dan daya listrik yang lebih besar, bahkan bisa jadi hingga 5x lipat dari daya laptop.

Nah, bagaimana jika Anda memiliki laptop yang lemot? Dalam artikel ini, Penulis akan memberikan 5 langkah mengatasi laptop lemot tanpa perlu instal ulang.

5 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Menginstal terlalu banyak aplikasi memang akan dapat menurunkan kinerja Laptop, apalagi jika laptop Anda berada pada level menengah ke bawah. Oleh karenanya, jika Anda sudah berada dalam situasi ini, maka sudah saatnya Anda untuk memilih dan memilah aplikasi mana yang sekiranya jarang Anda gunakan. Segera lakukan penghapusan aplikasi atau Uninstal Ulang aplikasi untuk membuat kinerja laptop kembali normal dan tidak lemot lagi.

Caranya, Anda bisa masuk ke Control Panel => Uninstal Program (bagi pengguna Windows 7). Untuk Windows 10 dan ke atasnya caranya masuk ke Pengaturan => Apps => Apps & Features. Silahkan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.

Bersihkan Penyimpanan Internal Laptop

Bersihkan Penyimpanan Internal Laptop

Jika Anda sudah lama tidak melakukan pembersihan pada hardisk laptop, maka sekaranf mulailah mencoba dengan membersihkannya. Karena ini merupakan salah satu penyebab laptop lemot yang umum terjadi adalah karena memori penyimpanan atau hardisk yang terlalu penuh.

Selain menghapus aplikasi, Anda juga perlu membersihkan pula file-file ‘sampah’ pada laptop atau Temporary Files. Caranya adalah:

  1. Ketik ‘Run‘ pada menu pencarian Windows
  2. Buka program Run atau tekan Windows + R pada keyboard
  3. Ketik %temp% pada kolom yang tersedia
  4. Klik OK atau enter pada keyboard
  5. Lalu Hapus Semua isi dalam folder tersebut.

Anda juga dapat menghapus Dump File Memory pada Windows 10 untuk membuat laptop lebih cepat.

Scan dengan Software Antivirus

Scan dengan Software Antivirus

Sekarang ini Windows 10 atau yang lebih tinggi sudah memiliki antivirus bawaan yang bisa melakukan tugas ini. Anda tidak perlu lagi menginstal Antivirus pihak ketiga jika Anda menggunakan Windows 10. Namun jika Anda masih menggunakan Windows 7, maka Anda membutuhkan Antivirus pihak ketiga untuk melakukan tugas ini.

Beberapa antivirus yang bisa Anda coba seperti Avast Free Antivirus, AVG Free Antivirus, Kaspersky Total Security, dan lain sebagainya.

Tambah Kapasitas RAM

Tambah Kapasitas RAM

Jika masih memungkinkan, Anda dapat menambah kapasitas RAM pada laptop Anda. Biasanya laptop lama masih menggunakan RAM setidaknya 2GB, jika demikian Anda dapat menambahkannya hingga 4GB sebagai RAM standar untuk laptop saat ini. Anda perlu pergi ke Teknisi Laptop untuk melakukan penggantian RAM jika Anda sendiri bukan seorang teknisi, agar tidak menimbulkan masalah baru yang terjadi pada Laptop Anda.

Random Acces Memory (RAM) merupakan memori pada laptop yang berfungsi untuk menyimpan dan membuka data serta menjalankan program. Makin besar kapasitas RAM, maka kinerja laptop juga makin cepat karena tidak terlalu membebankan prosesor.

Ganti Hardisk HDD Menjadi SSD

Ganti Hardisk HDD Menjadi SSD

Dahulu penyimpanan laptop masih menggunakan HDD sehingga ini menjadi penghambat salah satu laptop menjadi lemot saat ini. Dengan teknologi baru penyimpanan SSD, maka ini akan mampu mengubah kinerja Laptop Anda menjadi lebih prima lagi. Memori SSD juga punya ukuran yang lebih kecil dan efisien, sehingga harganya cenderung lebih mahal.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version