4 Langkah Utama Menjaga Kesehatan Agar Terhindar dari Virus Corona

4 Langkah Menjaga Kesehatan

Salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penularan virus adalah dengan menjaga kebersihan terutama pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Karena itu, imbauan cuci tangan dan etika bersin serta batuk, jangan dianggap angin lalu. Cara menjaga kebersihan diri tersebut harus dijalankan agar penyebaran penyakit ini bisa melambat.

4 Langkah Menjaga Kesehatan
4 Langkah Menjaga Kesehatan

Saat ini, sudah hampir mencapai angka ribuan masyarakat Indonesia yang positif terinfeksi COVID-19. Angka ini diprediksi akan terus naik. Namun, jumlah tenaga medis serta fasilitas kesehatan yang ada masih terbatas. Jika jumlah pasien sampai melebihi kapasitas, maka banyak orang yang tidak akan bisa mendapatkan perawatan dan akhirnya, nyawa jadi taruhannya. Oleh karenanya, beberapa langkah utama yang bisa kamu lakukan sebagai awal pencegahan dari penularan Virus Corona.

Ada beberapa panduan seperti yang telah disampaikan oleh WHO yang bisa kamu diterapkan dirumah sendiri untuk melindungi diri dan dan keluarga anda dari penularan virus corona, di antaranya:

Rutin Melakukan Cuci Tangan

Rutin mencuci tangan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin menempel di tangan secara tidak sengaja, termasuk virus corona.

Munim Air Hangat Setiap 30 Menit

Rutin minum air hangat juga menjadi salah satu hal yang bisa melindungi dari penyebaran Covid-19. Karena secara tidak langsung virus yang masuk ke tubuh terlebih dahulu akan meninfeksi tenggorokan, sehingga jika kamu secara rutin paling tidak minimal 30 menit untuk minum air hangat, itu menjadi salah satu hal yang dapat membunuh virus saat akan masuk ke dalam tubuh.

Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman, terutama dengan orang yang tengah batuk atau bersin bisa membantu menghindari penularan penyakit. Pastikan untuk jaga jarak setidaknya 1 meter. Terutama saat kamu pergi keluar rumah. Akan tetapi untuk menghindari penularan virus, disarankan untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah jika tidak penting.

Jangan Lupa Konsultasi Ke Dokter saat Muncul Gejala

Segera melakukan konsultasi atau pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, serta kesulitan bernapas.

Itulah 4 langkah utama dalam mencegah penularan virus corona (Covid-19). Sayang diri dan keluarga anda dengan tidak sering nongkron di jalanan atau pergi ketempat keramaian selama masa pandemi ini.