Apps

Sebuah masalah yang Cukup parah Muncul di Android, sehingga para Developer Prioritaskan iOS

Anda tidak Perlu sedih jika sampai saat ini anda belum dapat pasangan kencan untuk hari Valentine, pada kali ini ada suatu game terbaik dan populer di iOS selama Tahun 2015 yaitu Alto’s Adventures yang akan hadir di Android.

Apps
Apps

Yang lebih seru jika di iOS game ini hanya di banderol $ \2,99 sedangkan di Android game ini tersedia gratis cukup menarik bukan?.

Hal tersebut terbilang mengejutkan, mengingat ketika dibanderol seharga $2,99 pun game tersebut masih mampu menarik minat unduhan yang begitu besar di iOS. Lalu mengapa pihak developer Alto’s Adventures merasa bahwa mereka perlu mengubah kebijakannya untuk platform Android.

Pertanyaan tersebut butuh lebih dari satu jawaban, namun salah satu faktor utama dari keputusan untuk menggratiskannya di Android adalah faktor tingginya masalah pembajakan di platform open source buatan Google ini. Berikut adalah kutipan wawancara pihak developer dengan The Verge:

“Masalah pembajakan di Android merupakan masalah yang lebih besar, terutama dalam hal game atau aplikasi iOS kelas premium yang dibanderol lebih dari $0,99. Salah satu contohnya adalah ketika tim developer Noodlecake menghadirkan game Wayward Souls dari iOS ke Android, pihak studio tersebut mendapati bahwa game mereka yang diunduh secara resmi (*berbayar) cuma sebesar 11% saja, sementara sisanya menginstall dari APK bajakan. Saking parahnya, Noodlecake bahkan sampae mengunggah sebuah versi khusus dari game Shooting Stars buatan mereka di sejumlah situs torrent sebagai eksperimen, dimana versi tersebut tak akan bisa ditamatkan jika pengguna memainkannya lewat versi bajakan.”
Selain faktor bajakan, faktor lain yang membuat developer kesulitan merilis aplikasi berbayar adalah kurangnya infrastuktur yang bisa mewadahi platform pembayaran. Jepang dan Tiongkok termasuk negara yang minim infratruktur untuk aplikasi berbayar, dan pada dasarnya lebih berfungsi sebagai wadah dari aplikasi free-to-play yang disokong oleh iklan. Namun masalah pembajakan tetap dipandang sebagai masalah terbesar, mengingat rata-rata dari 9 pengguna hanya kurang dari 1 pengguna yang mengunduh secara resmi.

Maka dari itu, tak heran jika selama ini dianggap ada hubungan antara segmen iPhone di kelas high-end dengan golongan pengguna yang tak akan keberatan untuk membayar demi mendapatkan sebuah aplikasi berkualitas.

Untuk Android, mengingat Google selama ini identik dengan iklan, maka tak heran jika model free-to-play yang didukung oleh sisipan iklan lebih cocok untuk para penggunanya. Selain model ini, model freemium juga cukup sukses dimana pihak developer menggratiskan aplikasi dengan anggapan bahwa rilisan tersebut merupakan versi demo, dan untuk bisa menikmatinya dengan optimal adalah dengan membeli sejumlah fitur di dalam permainan (in-app purchase).

Para developer juga perlu berhati-hati untuk membuat sistem ini berjalan dengan baik, karena mereka perlu menyeimbangkan faktor dimana pengguna gratis bisa bermain seperti biasa, sementara pengguna yang rela mengeluarkan uang bisa mendapatkan fitur-fitur lebih. Sekalipun hal tersebut dianggap bakal mengurangi keasyikan bermain, namun kompromi antara kualitas permainan dengan pemasukan ke developer harus bisa didapat.

oh ya Game Alto’s Adventures pada awal pembahasan tadi, game ini akan datang di Android pada 11 Februari 2016 jadi jangan sampai tidak download.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top