3 Langkah yang Dapat Menghemat Baterai Laptop, Wajib Kamu Coba!

Cara Menjadikan Baterai Laptop Jadi Lebih Hemat

Cara menghemat baterai pada laptop sangat mudah dilakukan. Microsoft sendiri sudah menanamkan tools untuk menghemat konsumsi baterai pada sistem operasi Windows. Pada dasarnya, yang membuat baterai laptop cepat habis adalah penggunaan yang extreme seperti bermain game, mengolah video, maupun multitasking.

Cara Menjadikan Baterai Laptop Jadi Lebih Hemat
Cara Menjadikan Baterai Laptop Jadi Lebih Hemat

Namun, ketahanan daya baterai di setiap laptop ternyata mempunyai takaran berbeda-beda. Ada yang cepat habis serta ada pula yang tahan lama. Semua tergantung pada umur, tipe, dan besarnya penggunaan daya baterai pada sebuah laptop. Bersamaan dengan ini, ada beberapa penyebab yang bisa membuat baterai laptop cepat terkuras habis. Jadi perlu kamu kenali dan ketahui jika kamu menginginkan baterai laptop kamu lebih bertahan lama dari biasanya.

3 Langkah yang Dapat Menghemat Baterai Laptop, Wajib Kamu Coba!

Mematikan Fitur Visual Theme

Jika fitur visual theme ini tidak kamu matikan, tentunya bisa membuat baterai laptop jadi lebih cepat habis. Hal itu dikarenakan Visual theme yang full color akan memaksa LED/LCD untuk memunculkan berbagai macam warna, juga efek yang dibuat oleh visual theme seperti fade (memudar), drop shadow (bayangan) dan efek animasi lainnya.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Jika baterai laptop kamu tidak ingin cepat habis, maka cobalah dengan mangatur kecerahan laptop seminimal mungkin. Karena penggunaan laptop di siang dan malam hari tentunya berbeda, dan akan menjadi penunjang laptop akan lebih hemat baterai. Jika malam hari kamu bisa mengatur kecerahan paling minimal sehingga laptop akan menjadi lebih awet.

Janga Lupa Menutup Program Yang Tidak Digunakan

Semakin banyak program yang terbuka maka semakin besar pula energi yang dibutuhkan Processor untuk mengolah data program tersebut, hal ini tentu akan berbanding lurus dengan energi baterai yang dibutuhkan Processor. Untuk mensiasati masalah ini, tutup progam yang tidak diperlukan.

Itulah langkah penting yang harus kamu perhatikan untuk membuat baterai laptop agar menjadi lebih awet.