Cara Mudah Berbagi File dari Ponsel Android ke Windows 11

3 Cara Mudah Berbagi File dari Ponsel Android dan iOS ke Windows 11

Berbagi file dari ponsel Android atau iOS ke Windows 11 masih terkesan membingungkan dan sulit. Apalagi Windows 11 masih tergolong baru walaupun secara tidak langsung bukanlah hal paling baru dalam dunia Windows. Banyak hal yang ada pada Windows 11 merupakan adopsi dari Windows 10 sebelumnya. Hanya saja beberapa hal termasuk tampilan interfacenya yang terkesan berbeda dari pada Windows sebelumnya.

Cara Mudah Berbagi File dari Ponsel Android ke Windows 11
Cara Mudah Berbagi File dari Ponsel Android ke Windows 11

Sekarang ini Windows 11 melakukan adopsi tampilannya yang keren dari macOS. Terbukti dengan adanya letak menu Start Windows yang berada pada bagian tengah, hal ini hampir mirip dengan desain dock yang ada pada komputer Apple. Jika Anda dapat memahaminya lebih detail, nampaknya kehadiran Windows 11 ini mengambil inspirasi dari macOS.

Nah, yang akan menjadi pembahasan penulis dalam artikel ini adalah mengenai cara berbagi file dari ponsel ke Windows 11. Hal ini memungkinkan Anda saat menyimpan file pada ponsel Anda secara otomatis juga bisa Anda akses melalui PC Windows 11 Anda. Untuk itu, Anda tidak perlu lagi mengirimkannya menggunakan aplikasi Android transfer ataupun lainnya yang memiliki cara sedikit lebih ribet. Anda akan menemukan cara praktis disini, berikut ini cara mudah berbagi file dari ponsel ke PC Windows 11 Anda.

3 Cara Mudah Berbagi File dari Ponsel Android dan iOS ke Windows 11

Microsoft OneDrive

"<yoastmark

OneDrive merupakan salah satu fitur bawaan pada Windows 11, namun sebenarnya fitur ini juga sudah ada pada Windows 10. Hanya saja pengguna kurang dapat memanfaatkannya dengan baik karena dalam Windows 10, Microsoft tidak mengharuskan Anda untuk login ke akunnya. Namun berbeda dengan Windows 11, beberapa versinya mengharuskan Anda untuk menggunakan akun Microsoft dan salah satu manfaatnya dapat mengakses fitur OneDrive.

Perlu Anda tahu, OneDrive adalah cloud penyimpanan dari Microsoft yang dapat pengguna andalkan untuk menyimpan file secara online antar perangkat yang bisa Anda akses dalam lintas platform. Pada era yang serba digital ini, OneDrive bagian dari salah satu layanan penyimpanan cloud yang menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan banyak orang. Kalau pengguna Google familier dengan layanan Google Drive, OneDrive ini merupakan produk yang kurang lebih sama dari Microsoft.

Cara Menggunakannya adalah: Instal Aplikasi Microsoft OneDrive melalui Google Play Store, kemudian login dengan akun microsoft yang sama dengan PC/komputer Windows 11 Anda. Nah, untuk berbagi file agar bisa Anda akses atau buka pada PC Anda, pilih jenis File apapun yang ingin Anda bagikan, kemudian bagikan ke OneDrive.

Bagikan File ke OneDrive
Bagikan File ke OneDrive

Pada PC Anda, buka Windows Explorer lalu Anda akan menemukan opsi OneDrive pada panel sebelah kiri. Maka semua file yang Anda bagikan bisa Anda akses dari sana.

Windows Explorer
Windows Explorer

Download: Microsoft OneDrive 

Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive
Cara Menggunakan Google Drive

Siapa yang tidak mengenal Google Drive? Dalam dunia penyimpanan online, Google merupakan salah satu yang populer karena merupakan miliki Google sendiri. Semua layanan ini bersifat gratis dengan limit masing-masing yang telah mereka tentukan. Misalnya pada Google Drive, setiap akun memiliki penyimpanan gratis 15GB untuk Anda gunakan. Jika ingin lebih luas lagi, Anda dapat membelinya lagi dengan harga yang cukup murah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama seperti lainnya, hanya saja pada ponsel Android, Google Drive merupakan aplikasi bawaan ponsel yang sudah bisa Anda gunakan. Namun pada PC/Laptop, Anda perlu mendownload versi Dekstop jika ingin menggunakannya secara langsung melalui Windws Explorer.

Download: Google Drive For Android, Desktop

Dropbox

Dropbox
Aplikasi Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud secara online yang berarti Anda dapat menyalin file Anda ke cloud dan mengaksesnya dengan perangkat apapun. bahkan jika Anda mengaksesnya dari menggunakan perangkat yang berbeda sekalipun. Layanan ini tidak akan secara otomatis menyalin semua file pada komputer Anda kecuali Anda memindahkannya pada folder Dropbox.

Cara kerjanya secara tidak langsung mirip dengan OneDrive, hanya saja Anda perlu menginstal aplikasinya jika Anda ingin dengan mudah mengaksesnya pada Windows Explorer. Namun, Anda juga bisa mengunjungi situs resmi dropbox melalui browser. Agar Anda tidak bingung berikut ini dapat Anda baca tentang cara mudah mengirim file melalui Dropbox.

Download: Dropbox For Android, Desktop

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top