3 Cara Mengecek Jumlah RAM Di Windows 10

Mengetahui Jumlah RAM Windows 10 Dengan 3 Cara Ini

RAM merupakan singkatan dari Random Acces memory, Fungsi ram sendiri sebagai tempat untuk penyimpanan sementara pada komputer. Data yang tersimpan dalam Ram dapat terakses dengan waktu yang tetap. Selain itu letak data dalam memori akan tersimpan secara acak. Hal tersebut karena fungsi dari RAM ini sebagai penyimpanan sementara. Semakin besar jumlah RAM maka akan semakin luas juga jumlah pemrosessan yang tersimpan sementara.

Mengetahui Jumlah RAM Windows 10 Dengan 3 Cara Ini
Mengetahui Jumlah RAM Windows 10 Dengan 3 Cara Ini

Karena RAM merupakan sebuah hardware, maka RAM memiliki sifat Volatile yang artinya memerlukan aliran listrik. Berbeda dengan flashdisk ataupun hardisk. RAM aktif saat komputer dalam keadaan hidup saja. Semakin pesatnya jaman saat ini penggunaan kapasitas RAM semakin besar. Bahkan saat ini pada sebagian aplikasi mematok syarat kapasitas minimum untuk RAM agar bisa berjalan dengan lancar.

Fungsi RAM Pada Komputer / Laptop

Selain sebagai penyimpanan sementara, RAM juga berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Sehingga semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat juga proses pada sebuah komputer. Anda dapat melihat proses tersebut melalui Task manager pada komputer windows anda.

Alasan Kenapa Harus Mengetahui Jumlah RAM Pada Komputer

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, karena kebutuhan aplikasi saat ini yang menggunakan kapasitas RAM cukup besar. Maka aplikasi akan mendeskripsikan jumlah minimum kapasitas RAM untuk menjalankan aplikasi tersebut. Oleh karena itulah kenapa penting sekali untuk mengetahui jumlah atau kapasitas RAM pada komputer kita. Karena ketika kita asal menginstall bisa saja aplikasi tersebut tidak akan mau berjalan. Contoh lain misalnya, kita menginstall Windows 7 64bit namun RAM laptop/komputer kita hanya 2GB. Maka anda dapat melihat proses pada Task manager yang memperlihatkan kapasitas RAM kita selalu penuh. Sehingga saat menjalankan aplikasi terkadang bisa crash.

3 Cara Mengecek Jumlah RAM Di Windows 10

#1 Cek Jumlah RAM Melalui File Explorer

  • Pertama bukalah File explorer pada komputer anda, anda bisa menekan tombol berlogo Windows + Tombol E untuk membuka File Explorer.
  • Pada bagian Explorer cobalah cari pilihan This Computer
  • Jika Sudah anda temukan klik kanan pada pilihan tersebut dan pilihlah Properties
  • Setelah itu akan tampil informasi pada bagian system, tepatnya pada Installed memory (RAM)

#2 RUN Command Untuk Mengetahui Kapasitas RAM

  • Pertama bukalah RUN Command terlebih dahulu dengan menekan pada keyboard Tombol Windows + Tombol R.
  • Kemudian Ketikkan lah perintah “ dxdiag ” tanpa petik pada kolom RUN. Setelah itu tekanlah Ok atau Enter pada keyboard
  • Pada tab bagian System, pas pada bagian bawah informasi prosessor, akan terlihat informasi perihal jumlah RAM, bahkan lebih detail angkanya dari metode saat menggunakan File Explorer.

#3 Cek Jumlah RAM Dan Jenis RAM Secara Lengkap Dengan Aplikasi CPU-Z

  • Pertama Download lah aplikasi CPU-Z Terlebih dahulu, anda bisa mendownloadnya melalui Websitenya yang bisa anda akses dari tautan berikut ini.
  • Setelah anda download dan sudah anda install bukalah aplikasi CPU-Z tersebut
  • Kemudian setelah aplikasi terbuka, pilihlah tab Memory
  • Pada Tab Memory tersebutlah anda dapat melihat informasi seperti Type/Jenis RAM DDR3/4. Kemudian ada informasi jumlah RAM. Bahkan Lengkap dengan informasi Dram Frequency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.