Cara Mudah Reset Kata Sandi Windows 10

2 Cara Cepat Reset Kata Sandi Windows 10

Berapa kali Anda melakukan reset kata sandi laptop Anda dalam setahun terakhir? Masalah lupa kata sandi tidak bisa Anda anggap remeh dalam sebuah perangkat. Hal ini bisa berakibat fatal jika Anda salah dalam mengatasinya.

Cara Mudah Reset Kata Sandi Windows 10
Cara Mudah Reset Kata Sandi Windows 10

image source

Jika Anda kehilangan kata sandi situs web memang bukan masalah besar. Hal ini karena Anda dapat mengatur ulang kata sandi tersebut dengan alamat email Anda. Namun jika Anda lupa kata sandi komputer Windows, memang menakutkan, karena sulit untuk melakukan setel ulang layaknya kata sandi dalam sebuah Website.

Lantas, bagaimana jika Anda lupa kata sandi untuk akun Windows Anda yang mengakibatkan Anda tidak dapat masuk. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memulihkannya. Dalam panduan kali ini, Penulis akan menunjukkan cara mengatur ulang kata sandi administrator pada Windows 10, meskipun Anda tidak memiliki hak admin.

Berikut ini 2 Cara Cepat Untuk Melakukan Reset Kata Sandi Pada Windows 10

Reset Kata Sandi Dengan Akun Microsoft

Salah satu manfaat utama menggunakan akun Microsoft pada Windows 10 adalah Anda dapat mengatur ulang kata sandi dengan menggunakan akun Microsoft. Pertama, coba masuk ke login.live.com menggunakan ponsel Anda atau komputer lain. Jika Anda masih tidak bisa masuk, lanjutkan dengan mengatur ulang kata sandi Microsoft Anda. Caranya dengan membuka halaman pengaturan ulang kata sandi Microsoft.

Perlu Anda tahu, hal ini juga dapat mengatur ulang kata sandi Anda saat akan masuk ke Windows 10. Biasanya Anda akan diminta untuk mengonfirmasi identitas Anda dengan detail yang Anda berikan pada laman akun Microsoft. Selanjutnya halaman tersebut akan memandu Anda mengatur ulang kata sandi akun Microsoft Anda. Setelah selesai, gunakan kata sandi baru untuk masuk ke PC Anda.

Perlu Anda catat bahwa jika Anda memiliki akun Microsoft, Anda harus memperbarui info keamanan Anda pada halaman akun Microsoft. Misalnya dengan menambahkan nomor telepon dan alamat email kedua untuk memberi Anda pilihan dalam mengatur ulang kata sandi Anda dengan mudah. Jika tidak, maka akan menyulitkan Anda saat mengatur ulang kata sandi.

Reset Kata Sandi Menggunakan Windows Lokal

Jika Anda tidak dapat menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows, Anda dapat mengatur ulang kata sandi melalui installer Windows 10 itu sendiri. Namun sebelum itu, Windows 10 memungkinkan Anda untuk mengatur pertanyaan keamanan pada akun lokal yang membantu Anda masuk kembali dengan mudah dari layar kunci jika Anda lupa kata sandinya. Namun, jika Anda belum mengaturnya, maka Anda tidak dapat menggunakan pertanyaan keamanan tersebut.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan USB installer Windows 10 agar dapat melakukan reset kata sandi tersebut. Pertama, Anda harus membuat disk Windows 10 yang dapat di-boot pada flash drive. Ini jelas akan membutuhkan komputer lain, karena Anda tidak bisa masuk ke komputer Anda.

Setelah Anda membuatnya, masukkan drive ke PC Anda sehingga Anda dapat boot dari instalasi baru. Lalu kemudian atur boot perangkat Anda agar masuk ke USB driver tersebut. Boot dari USB drive Anda, biarkan prosesnya berjalan seperti biasanya, dan ketika Anda melihat layar Pengaturan Windows awal, tekan Shift + F10 untuk membuka Command Prompt.

Selanjutnya, Anda perlu tahu pada partisi mana instalasi Windows Anda berada. Biasanya, ini adalah drive C. Setelah Anda menemukan drive yang tepat, Anda akan ingin mengubah direktori lagi menggunakan perintah cd. Ketik baris ini untuk mengakses folder System32:

cd Windows\System32

Setelah Anda berada pada folder System32, Anda dapat melakukan sedikit trik. Windows menyertakan fitur aksesibilitas yang bernama Sticky Keys. Anda dapat meluncurkan dengan menekan tombol Shift lima kali dengan cepat. Dengan menukar executable yang menjalankan Sticky Keys dengan tautan ke file executable Command Prompt. Kemudian Anda dapat menjalankan baris perintah untuk mereset kata sandi Anda langsung dari layar login.

Untuk melakukannya, ketik dua perintah ini, satu per satu. Yang pertama mencadangkan pintasan Sitcky Keys pada folder C:\Windows (.. adalah pintasan untuk pindah ke folder induk) sehingga Anda dapat memulihkannya nanti; yang kedua menggantikan pintasan Sticky Keys dengan pintasan Command Prompt. Jika diminta untuk memberikan persetujuan untuk keduanya, lakukanlah.

copy setch.exe ..
copy cmd.exe setch.exe

Anda selesai di sini, jadi ketik perintah ini untuk mem-boot ulang komputer dan kembali ke layar masuk normal:

wpeutil reboot

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top