Wajib Baca!! Ini Dia Tips Mengatasi HP Android Yang Lemot

Wajib Baca!! Ini Dia Tips Mengatasi HP Android Yang Lemot 2

Smartphone jenis android saat ini paling banyak mengalami perkembangan, mulai dari fitur serta perangkat lunak android. Android menyediakan smartphone dari RAM terkecil yaitu 1 GB sampai RAM yang paling besar yaitu 8 GB. Tujuan dari RAM tersebut agar pengguna dapat menyimpan file lebih banyak sesuai kebutuhan serta menghindari smartphone android tidak lemot.

Tetapi, berapapun RAM yang ada di smartphone kamu, dalam beberapa kondisi pasti akan terasa lemot. Android lemot ini bisa disebabkan oleh banyak sekali hal, bukan hanya masalah besarnya RAM saja, karena besarnya RAM bukan jaminan smartphone android bebas dari masalah lemot. Nah, supaya kamu tetap nyaman menggunakan hape Android dan bebas dari masalah lemot, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba:

Wajib Baca!! Ini Dia Tips Mengatasi HP Android Yang Lemot 1

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Semakin banyak aplikasi yang kamu instal, maka semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di balik layar dan memakan kapasitas RAM. Selain itu, memori internal juga akan semakin disesaki oleh data-data yang dibutuhkan masing-masing aplikasi. Kapasitas RAM dan memori internal yang semakin penuh membuat Hp Android semakin lemot. Oleh karena itu, tips paling cepat untuk mengatasi Hp Android yang lemot adalah menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Tidak Perlu Menginstal Aplikasi Anti Virus

Sama seperti aplikasi, program antivirus juga berjalan terus menerus di balik layar. Ini tentunya akan menguras banyak kapasitas RAM sehingga Hp Android kamu semakin lemot. Semenjak diluncurkan fitur Google Play Protect di Play Store kamu tak perlu khawatir Hp Android terserang oleh virus. Karena, Play Protect berfungsi memindai aplikasi sebelum kamu menginstalnya, sehingga selama kamu instal aplikasi melalui Play Store, Hp kamu dijamin aman dari virus. Karena tak perlu instal aplikasi antivirus lagi, kamu bisa menghemat banyak kapasitas RAM dan memori internal. Jadi dengan begini, performa hape Android akan selalu cepat optimal.

3. Selalu Memperbarui Sistem dan Aplikasi

Di setiap pembaruan software, pastinya ada perbaikan dari masalah aplikasi terdahulu, penambahan fitur, dan keamanan yang lebih baik. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengecek pembaruan OS ataupun aplikasi yang diinstal dari Play Store. Karena selain bisa memberikan pengalaman yang lebih baik saat digunakan, aplikasi yang terupdate bisa membantu Hp kamu berjalan lebih cepat.

4. Kurangi Penggunaan Widget

Widget bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android kamu, tapi Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait. Namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android kamu menjadi lambat. Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget untuk mengatasi Android lemot.

5. Membersihkan Cache Data

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan adanya cache di Android, kamu akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat Android kamu menjadi lemot.

6. Melakukan Factory Reset/Format Ulang

Langkah ini akan menghapus semua aplikasi, data, virus, dan pengaturan yang tidak tepat ke setingan pabrik. Selain itu, format ulang juga akan menghapus data-data dan menyisakan data yang secara bawaan ada di Hp. Namun, sebelum melakukan format ulang atau factory reset ini ada baiknya kamu menyimpan atau backup data-data penting terlebih dahulu di MicroSD atau hard disk. Setelah Hp diformat ulang baru kamu masukan lagi ke dalam Hp.