Tips Mengatasi Lupa Password Pada Smartphone Yang Bisa Anda Coba

Tips Mengatasi Lupa Password Pada Smartphone Android 1

Di era globalisasi ini smartphone merupakan benda penting yang sifatnya sangat pribadi. Sehingga, kebayakan dari mereka mengunci smartphone menggunakan sandi atau pola. Hal itu merupakan cara yang efektif untuk mencegah orang lain mengetahui data pribadi Anda. Di smartphone Android, sandi yang tersedia dapat berupa pola ataupun angka yang dibuat sendiri oleh pengguna.

Namun tak jarang pengguna kemudian lupa dengan sandi atau pola yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga mengakibatkan perangkat tidak bisa diakses. Berikut adalah empat cara membuka smartphone Android yang terkunci karena lupa sandi atau pola. Nah, pada artikel ini kami akan berbagi cara dengan Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ulasannya:

Tips Mengatasi Lupa Password Pada Smartphone Android 2

1. Buka Find My Device

Ini merupakan cara sederhana dan terbaik untuk mendapatkan kembali akses ke smartphone, setelah Anda lupa password. Pertama-tama, masuk layanan Find My Device di Google melalui komputer. Kemudian pilih daftar perangkat dari akun Google Anda. Kemudian, cobalah untuk mengunci ponsel Anda dengan kode baru. Nantinya, itu menimpa kode asli yang Anda lupa. Kemudian, Anda akan memiliki akses ke ponsel Anda lagi.

2. Menggunakan Fitur Forgot Password atau Pattern

Hal ini bisa digunakan bagi smartphone yang dibuka secara paksa oleh orang lain karena beberapa kali melakukan password yang salah. Caranya adalah dengan mengklik Forgot password atau Pattern. Kemudian, ada dua metode yang tersedia, yakni menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google kamu. Jika kamu memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau kamu juga dapat mengubahnya saat itu juga. Masukkan username dan password akun Google Anda dan tekan Sign in. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan smartphone Anda bisa mengakses internet, baik melalui koneksi WiFi atau paket kuota data internet.

3. Smartlock

Beberapa sistem Android terbaru memiliki keamanan yang lebih ketat daripada versi lama. Beberapa ponsel memiliki fitur Smartlock yang memungkinkan pengguna untuk membuka ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu.

4. Menggunakan Android Device Manager

Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan, kamu masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet. Sekarang buka link Android Device Manager, di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang kamu lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Kemudian, sekarang harusnya kamu sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

5. Factory Data Reset

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan jika Anda benar-benar lupa sandi akun Google. Anda bisa melakukan factory data reset melalui Android recovery. Pertama, matikan dulu handphone Android Anda, kemudian tekan dan tahan tombol Home, Volume up (untuk memperbesar suara) dan tombol Power secara bersamaan, lepaskan setelah 5 detik. Anda kemudian akan menemukan sederet menu dalam mode recovery.

Gunakan tombol volume untuk mengarahkan pilihan ke factory data reset dan tekan tombol power untuk melakukan eksekusi. Tunggu sampai selesai proses reset, biasanya hanya beberapa menit. Setelah selesai, pilih Reboot system now. Selesai, perangkat akan hidup kembali dengan kondisi seperti saat pertama kali beli dan Anda dapat masuk tanpa sandi atau pola.