Tips Membatasi Pengguna Wifi Agar Akses Internet Aman Dan Lancar

Tips Membatasi Pengguna Wifi Agar Akses Internet Aman Dan Lancar 2

Yang namanya internet, hampir semua orang membutuhkannya, ada yang menggunakan paket data berupa kuota, bahkan ada juga yang mengandalkan Wifi. Untuk layanan paket data internet, hanya dapat digunakan satu pengguna saja dalam satu perangkat. Sedangkan untuk layanan internet menggunakan koneksi wifi, bisa digunakan oleh beberapa perangkat dengan akses internet dalam satu perangkat Wifi.  Hanya saja, semakin banyaknya para pengguna yang ikut mengakses internet bersamaan, bisa membuat kecepatan internet pun menurun.

Tips Membatasi Pengguna Wifi Agar Akses Internet Aman Dan Lancar 1

Maka dari itu jika kalian memakai Wifi di rumah, cara membatasi pengguna wifi paling mudah ialah dengan memberikan password tertentu pada hotspot kalian. Sehingga hanya pengguna tertentu yang tahu password Wifi kalian saja yang dapat memakainya. Akan tetapi, terkadang ada saja beberapa pihak atau orang yang mencoba membobol password Wifi tersebut. Jika hal tersebut terjadi, maka cara satu-satunya ialah dengan membatasi pengguna Wifi. Pasalnya, jika Anda tidak membatasi penggunaan Wifi untuk perangkat-perangkat tertentu, kemungkinan Anda akan mengalami yang namanya ‘kelemotan’ saat sedang berseluncur di dunia maya. Mengapa? Sebab, banyaknya yang menggunakan Wifi akan membuat jaringan internet harus dibagi-bagi sesuai dengan jumlah perangkat yang terakses dengan Wifi Anda.

Berikut cara membatasi pengguna Wifi:

  1. Download dan install software Netlimiter pada laptop atau PC kalian.
  2. Setelah di install, jalankan aplikasi Netlimiter. Dengan demikian, kalian bisa langsung melihat daftar perangkat atau aplikasi yang mengakses internet lewat Wifi kalian.
  3. Untuk membatasi jumlah pengguna Wifi, kalian bisa menambahkan checklist pada pilihan upload limit dan download limit, lalu klik pada opsi KB/s agar bisa menampilkan RuleEditor.
  4. Pada menu Value, pilih limit dan kalian bisa mengatur angka atau nilai kecepatan Wifi yang kalian ingin batasi.
  5. Jika sudah, klik simpan atau save.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba. Semoga membantu.