Cara Mudah Print Dokumen Mulai dari Halaman Belakang Pada Printer Epson

Cara Setting Printer Epson

Inilah Cara Mudah Print Dokumen Mulai dari Halaman Belakang Pada Printer Epson. Biasanya printer disetting default untuk mencetak dokumen dari halaman pertama hingga akhir. Untuk mencetak dokumen dengan halaman banyak, halaman pertama akan berada paling bawah pada hasil cetakan. Jadi, setelah semua dokumen tercetak kita malah menyusun ulang hasil cetakan dari urutan halaman pertama hingga akhir.

Cara Setting Printer Epson
Cara Setting Printer Epson

Beberapa jenis printer mempunyai pengaturan default yang berbeda-beda. Misalnya saja printer merek HP. Printer ini memiliki settingan default sudah otomatis mencetak file dari halaman belakang terlebih dulu. Sedangkan printer merek Canon ataupun Epson memiliki default setting mencetak berdasarkan urutan dokumen. Hasil cetakan Canon atau Epson akan menumpuk dengan halaman pertama berada dipaling bawah. Nah, untuk kali ini yang akan saya bahas mengenai printer Epson agar bisa mencetak dokumen dari halaman belakang tersebih dahulu.

Cara Mudah Print Dokumen Mulai dari Halaman Belakang Pada Printer Epson

Kamu bisa melakukannya dengan 2 langkah untuk mencetak dokumen mulai dari halaman belakang ini, caranya adalah:

Setting Printer Manual

Seperti pada biasanya, kamu tinggal tekan Ctrl+P, setelah muncul jendela printnya, pada kolom pages, di page range tulis halaman terakhir sampai halaman awal, misal 50 – 1, lalu klik OK.

Setting Printer Otomatis

  1. Pertama klik pada icon tombol Start, kemudian pilih Devices and Printers
  2. Pada daftar printer yang muncul, kemudian pilih printer Epson yang ingin kamu gunakan
  3. Kemudian klik kanan, lalu pilih Printing Preference
  4. Setelah muncul konfigurasi Printer, silahkan cari Reserve Order, lalu beri tanda centang dan klik OK. Maka printer tersebut otomatis akan mencetak dokumen dari halaman belakang tanpa harus melakukan setting manual seperti yang dijelaskan di atas.

Itulah 2 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencetak dokumen dari halaman belakang terlebih dahulu, baru halaman depan paling terakhir, sehingga menjadikan kita tidak perlu lagi mengurutkan dokumen yang kita cetak. Selamat mencoba!